Travelling Aman dan Nyaman di Jogja Selama Pandemi

0
353
wisata aman
Sumber : suara.com

KOTAJOGJA.COM – Selama Pandemi semua aktivitas manusia mengalami perubahan dan penyesuaian, begitupun kegiatan berwisata. Jogja sebagai salah satu tujuan wisata selama pandemi ini memang tidak melakukan penutupan beberapa tempat wisata. Jadi untuk para traveller yang akan melakukan wisata bisa menjadikan Jogja sebagai salah satu tujuan wisata. Tetapi agar travellingmu tetap nyaman dan aman, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut.

1. Perencanaan yang Matang.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum travelling adalah melakukan perencanaan yang matang. Kamu bisa melakukan mini riset terkait lokasi yang akan kamu singgahi. Selain akan memudahkan kamu ketika berwisata, mini riset ini berfungsi mengetahui keamanan dan prosedur yang diterapkan di lokasi wisata tujuanmu. Selanjutnya jika kamu travelling dalam waktu yang cukup lama, perhatikan penginapan yang akan kamu pilih. Beberapa penginapan di jogja telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Di beberapa hotel bahkan meminta hasil rapid tes/ tes kesehatan bagi pengunjungnya sebelum melakukan check in. Selain itu hal terpenting dalam perencanaan adalah memastikan bahwa kamu dalam keadaan sehat dan tidak memiliki gejala covid-19. Waktu travelling juga perlu perhatikan dimasa pandemi ini. Usahakan pilihlah waktu liburan yang relatif sepi, umumnya hari senin hingga kamis. Hindari melmilih weekend atau hari libur lainnya karena pada waktu itu akan terjadi lonjakan pengunjung. Kamu juga perlu mempersiapkan budget lebih untuk melakukan beberapa tes agar travellingmu tetap aman. Mulai bulan Desember 2020 setiap pengunjung yang akan ke Jogja harus dibekali surat hasil rapid tes antigen. Peraturan tersebut mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Jadi kamu perlu membuat perencanaan yang matang terkait apa saja yang perlu kamu siapkan mulai dari fisik, waktu maupun budget.

2. Pilih tempat wisata alam atau tempat terbuka

Pemilihan lokasi wisata juga sangat penting. Usahakan kamu memilih tempat wisata alam atau ditempat terbuka.  Hal tersebut akan membantumu mengurangi resiko terpapar covid-19. Dengan travelling ditempat terbuka, kamu akan mendapatkan udara segar yang menjadi energi positif baru. Jika kamu terpaksa harus datang ke tempat wisata yang berbentuk bangunan atau tempat tertutup, kamu perlu memastikan bahwa terdapat pembatasan pengunjung disuatu lokasi. Beberapa tempat wisata di Jogja seperti Benteng Vredeburg menerapkan pembatasan pengunjung sebanyak 55 orang perjam atau sebanyak 220 orang perhari. Tempat wisata ini juga telah menyiapkan  tempat tunggu di depan apabila jumlah pengunjung cukup tinggi.

Baca Juga:  7 Wisata Populer di Kabupaten Bantul yang Wajib Masuk List Liburan Kamu

3. Selalu Waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara penuh.

Selama kamu travelling selalu perhatikan protokol kesehatan yang diterapkan. Selalu gunakan masker yang memiliki tingkat proteksi tinggi. Kamu juga perlu menyiapkan masker cadangan selama travelling, jadi jika masker yang kamu pakai sudah melebihi 4 jam atau basah, kamu bisa mengganti masker yang sedang kamu paki dengan masker baru. Selain itu sebaiknya kamu membawa alat makan sendiri dan air minum dari botol milikmu sendiri. Dengan cara itu travelling bisa tetap aman, kamu juga membantu menguragi produksi sampah di tempat wisata. Hal yang tak kalah penting adalah kamu sebaiknya sering mencuci tangan dan membawa handsanitizer pribadi.

Beberapa hal diatas akan memudahkan travellingmu jadi perjalanan yang aman dan meyenangkan. Travelling memang boleh kalian lakukan di masa pandemi ini, tetapi hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah kesehatanmu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk berlibur ketika tubuhmu memang sedang tidak dalam kondisi sehat. Jadi quote sehat dulu, travelling kemudian harus kamu terapkan agar kamu tidak menjadi carrier atau menularkan virus kepada orang. Happy Travelling!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here