KOTAJOGJA.COM – Mendengar kata Jogja, Pasti semua orang tidak bisa lepas dari suasana malam indah dengan menikmati kuliner khas yang sangat lezat. Tak hanya terkenal dengan kulinernya saja, Kota Jogja juga memiliki beberapa minuman yang melegenda. Bukan hanya tentang rasa yang gak ada tandingnya, nama dalam minuman ini juga sangan unik. Mari kita bahas satu persatu minuman apa sajakah itu.

1. Es Semlo

    Merupakan minuman spesial, karena merupakan minuman khas Keraton Yogyakarta. Konon minuman ini merupakan kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX, meski disajikan dingin, es ini cukup unik karena menggunakan berbagai rempah yang biasa dipakai untuk membuat aneka wedang. Es semlo berbahan dasar utama pisang sebagai isiannya, sedangkan airnya merupakan campuran dari gula pasir dan berbagai rempah dan air jeruk nipis.

2. Wedang Uwuh

    Minuman khas Yogyakarta ini merupakan minuman tradisional yang belakangan makin populer dan dicari banyak orang. Apalagi tak sedikit minuman ini yagn dibuat instan dan banyak dijual secara online. Wedang uwuh juga populer dengan sebutan teh uwuh karena cara membuatnya yang mirip dengan diseduah air panas. Aroma racikan wedang uwuh sangat khas terutama sebelum diseduh. Setelah diseduh minuman akan berwarna kemerahan yang berasal dari secangnya.

3. Bir Pletok

    Minuman ini diciptakan oleh Sultan yang pada awalnya tertarik dengan kebiasaan oarang belanda meminum bir untuk menghangatkan badan. Tenang saja, minuman ini tidak mengandung alkohol kok. Rasa hangat dari minuman ini tercipta karena berbagai rempah seperti secang, kapulaga, pandan, sereh, dan juga cengkeh. Minuman yang satu ini cocok kamu nikmatin saat malam yang dingin. pasti tubuh langsung hangat dehh.

Baca Juga:  Upside Down World Jogja

4. Kopi Joss

 Kalau biasanya penjual kopi menuangkan minuman di dalam gelas kemudian menghidangkannya kepada pelanggan, beda dengan kopi joss khas Jogja, penjual mencelupkan arang panas ke dalam segelas kopi. Sebutan kopi joss sendiri diambil dari bunyi “josss” ketika arang dimasukan ke dalam kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here