Jogja Exploride 2022 Membangun Citra Jogja Sebagai Destinasi Sport Tourism

0
58

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan gelaran event bersepeda yang bertujuan menjadikan Jogja sebagai salah satu icon daerah wisata sepeda. Jogja Exploride ini diikuti dari berbagai peserta di berbagai wilayah di Indonesia. “Jumlah peserta sengaja lebih dominan kami alokasikan dari luar Yogyakarta agar event sport tourism ini semakin dikenal luas di kalangan pencinta olahraga yang berniat sekaligus berwisata ke Yogyakarta saat akhir pekan,” kata Singgih Raharjo selaku Kepala Dinas Pariwisata DIY.

Acara yang digelar pada tanggal 30 Oktober 2022 ini, diadakan di Monumen Yogya Kembali sebagai tempat acara Start maupun Finish. Rute yang ditempuh sejauh 65 km melintasi daerah Kabupaten Sleman hingga Kulon Progo. Setiap event yang diselenggarakan Jogja Gowes selalu memiliki ciri khas melalui jalur yang baru dengan pemandangan persawahan yang hijau, suasana pedesaan dan melewati berbagai destinasi wisata sembari mengenalkan destinasi wisata baru. “Kami selalu mencari rute baru supaya goweser mendapatkan experience baru dan makin mengenal keindahan alam Jogja” ucap Yuda Wicaksana Putra selaku ketua Komunitas Jogja Gowes yang ditunjuk sebagai koordinator event Jogja Exploride 2022.

Jogja Exploride 2022 ini juga didukung pula oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) yang juga berperan aktif dalam mendorong percepatan investasi dan pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata di Kawasan Jogja dan Jawa Tengah.

Sebagai event non kompetisi Jogja Exploride lebih menekankan pada fun ridding, peserta menikmat bersepeda dengan kecepatan yang diatur oleh para Road Captain supaya peserta sepeda dapat berjalan bersama dalam satu peloton. Pimpinan RC Ghoni Mutali mengatakan “Speed kami jaga dikisaran 17 sampai dengan 25 km/jam supaya peserta dapat mengikuti rombongan RC, tema kami togetherness and happiness”. Sepanjang perjalanan para pesepeda diarahkan puluhan Marshal yang stand by di titik-titik jalan agar peserta dapat mengikuti jalur yang sudah ditentukan oleh Panitia hingga finish.

Baca Juga:  Sri Sultan HB X Minta Warga di Perantuan Untuk Tidak Mudik Ke Jogja

Selain marshal yang diterjukan dari berbagai komunitas sepeda, untuk mendukung keamanan pelaksanaan Jogja Exploride didukung oleh Polda DIY, Polres Sleman dan Polres Kulon Progo. Mereka menerjukan personil di titik titik krusial ujar Ponco Setiawan panitia Jogja Exploride.

Salah satu destinasi yang di highlight dalam Jogja Exploride 2022 ini adalah Ancol Bligo sebagai Check Point. Kenapa dipilih di sini karena sembari mengenalkan salah satu sejarah penting di Yogyakarta. Tidak hanya memiliki fungsi sebagai tulang punggung sistem irigasi yang mengairi persawahan di Yogyakarta, tetapi Ancol Bligo dan Selokan Mataram menyimpan histori yang panjang sejak dibangun di masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Setelah dari Ancol Bligo peserta dan beristirahat sebentar di Taman Budaya yang tepat disamping jembatan Kreo. Lokasi ini memiliki pemandangan indah melihat Jembatan dan Sungai Progo yang begitu indah.

Sesampainya di Venue Monumen Yogya Kembali peserta disuguhi hiburan Band Akustik, pembagian doorprize dan makan siang bersama. Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo berharap event ini akan menjadi event tahunan dalam rangka mempromosikan Jogja sebagai destinasi Sport Tourism. (KotaJogja.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here