3 Tempat Wisata Di Jogja yang Sepi dan Cocok Untuk Self Healing

0
5690
wisata self healing
Foto : @wakhyu_ps

KOTAJOGJA.COM – Rutinitas yang padat seringkali membuat kita jenuh dan ingin melakukan me time. Berbagai cara dilakukan salah satunya dengan mencari tempat wisata yang relatif sepi dan bisa digunakan untuk self healing. Jogja sebagai salah satu destinasi wisata memiliki beberapa tempat yang dapat memfasilitasi kebutuhanmu. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Jogja yang bisa jadi rekomendasi buat kamu.

1. Kopi Merapi

Untuk kamu yang suka menyepi dengan suasana dingin dan latar belakang gunung kamu bisa coba menyendiri sambil menyeruput kopi di Kopi Merapi. Tempatnya cukup nyaman untuk menyendiri dan self healing. Tapi kamu sebaiknya tidak berkunjung ke wisata ini pada sore hari atau di jam makan siang, karena tempat ini akan menjadi cukup ramai di jam tersebut. Sebaiknya kamu datang di pagi hari pukul 08.00 WIB atau setelah matahari terbenam yaitu pukul 19.00 WIB. Tempat ini memiliki konsep menyatu dengan alam, dengan bangunan joglo terbuka, meja dan kursi kayu yang dibuat senatural mungkin. Tetapi untuk kamu yang tidak suka dengan ruangan terbuka terdapat gubuk-gubuk kecil yang bisa kamu pilih untuk menikmati kopi dan menyendiri. Warung kopi yang terletak di Petung, Kepuharjo memiliki  berbagai menu minuman dan makanan ringan pendampingnya. Haga yang ditawarkan dijamin tidak akan membuat kantong kamu jebol.

2. Plunyon Kalikuning

Masih di Lereng Gunung Merapi tepatnya di Kaliurang, kamu juga bisa menemukan tempat wisata dengan latar Gunung Merapi dan suasana yang sejuk untuk Self Healing yaitu Plunyon Kaliurang. Wisata ini lebih terkenal dengan sebutan jembatan kalikuning. Kamu bisa menyegarkan pikiran  sambil menikmati keindahan alam dan hijaunya pemandangan dari atas jembatan. Terdapat 2 jembatan yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Jembatan kedua yang dilewati memiliki panjang lebih pendek daripada jembatan pertama. Untuk masuk kawasan wisata ini kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp10.000 perorang untuk tiket masuk. Tiket ini juga berlaku untuk masuk wisata Kali Kuning dan Kali Talang.

Baca Juga:  5 Hal Menarik di Desa Wisata Gamplong

3. Bukit Paralayang Watugupit

Buat kamu pencinta pantai dan deburan ombak, Bukit Paralayang Watugupit sangat cocok untuk menyendiri dan melakukan self healing. Kamu akan disuguhi pemandangan Laut Selatan dan Pantai Parangtritis dari atas bukit ini. Waktu terbaik untuk kesini yaitu sore menjelang matahari tenggelam. Kamu akan menyaksikan indahnya sunset ditemani minuman hangat dan tentunya tempe mendoan. Sayangnya pada jam-jam mendekati matahari terbenam tempat ini akan cukup ramai. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, banyak tempat duduk dan lokasi bersantai yang tersedia di wisata ini. Untuk menuju bukit paralayang kamu harus membayar Rp10.000 setiap kendaraan di penarikan retribusi Pantai Parangtritis, hal tersebut karena lokasi bukit paralayang apabila dari arah jogja melewati Pantai Parngtritis. Setelah itu sebelum sampai ke tujuan kamu harus membayar retribusi sebesar Rp5000 per orang. Untuk biaya parkir anda harus menyiapkan Rp3000-Rp10.000 tergantung kendaraan yang dibawa.

Itu dia 3 tempat wisata di Jogja yang relatif sepi dan cocok dijadikan tempat untuk self healing. Sebenarnya masih ada beberapa tempat dengan nuansa alam yang bisa kamu coba seperti hutan pinus imogiri ataupun kamu bisa stayaction di beberapa tempat dengan konsep alam seperti glamping di Turi Kaliurang. Untuk kamu yang punya jiwa petualang kamu bisa melakukan camping di bukit Klangon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here