Tempat foto dengan latar “Tempo Dulu” di Jogja

0
2399
tempo dulu
Foto : @suarapemudajogja

KOTAJOGJA.COM – Jogja menjadi salah satu tujuan wisata paling diminati di Indonesia, sudah menjadi rahasia umum jika Jogja memiliki  daya tarik tersendiri yang khas. Tidak hanya wisata budaya, Jogja menyuguhkan berbagai pilihan dan model wisata, salah satunya yaitu tempat wisata dengan nuansa tempo dulu. Dari latar belakang sejarah, Yogyakarta atau lebih sering kita sebut Jogja memiliki nilai historis akan perjuangan bangsa Indonesia melawan belanda. Tidak heran apabila banyak tempat wisata di Jogja yang memiliki bangunan yang masih asli dan cocok dijadikan tempat foto dengan konsep tempo dulu. Berikut beberapa tempat wisata di Jogja yang cocok dijadikan tempat foto dengan konsep “tempo dulu” :

1. Kawasan Nol Kilometer Yogyakarta

Kawasan ini merupakan kawasan yang popular bagi para wisatawan. Letaknya yang berada ditengah kota dan dekat dengan wisata lainnya menjadikan tempat ini wajib dikunjungi. Bagi wisatawan yang gemar berfoto kawasan ini cocok dijadikan referensi hunting foto dengan latar tempo dulu. Terdapat kantor pos yang memiliki arsitektur bergaya hindia belanda. Wisatawan bisa mengambil gambar dari arah nol kilometer dan berlatar bangungan kantor pos lama. Kantor pos ini  masih beroperasi dan difungsikan sebagai kantor pos. Pilihan lain yaitu berfoto dari titik nol kilometer dengan latar gedung bank BNI. Dijamin kesan tempo dulu bisa pengunjung dapatkan, apalagi didukung dengan kostum bergaya oldie. Tempat wisata ini bisa didatangi kapanpun dan tanpa ada tiket masuk.

Foto : @mr.kimm._

2. Omah UGM

Tempat wisata satu ini mungkin masih asing bagi Sebagian orang karena memang lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Omah UGM merupakan rumah adat di kawasan Bodon, Jagalan, Kotagede yang terdampak gempa pada tahun 2006. Bangunan cagar budaya ini dijadikan sebagai pusat pergerakan pelestarian budaya oleh Universitas Gadjah Mada. Pengunjung tidak perlu khawatir  karena rumah ini terbuka untuk umum. Banyak sudut dirumah ini yang bisa dijadikan spot foto bergaya vintage. Pengunjung cukup mengisi buku tamu dan membayar seikhlasnya saja untuk berkeliling di Omah UGM. Rumah ini bisa dikunjungi setiap hari dari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pengunjung biasanya akan ditemani oleh penjaga rumah yang akan menceritakan sejarah omah UGM itu sendiri. Jadi tidak hanya foto keren ala tempo dulu saja yang didapat, tetapi juga pengetahuan baru.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata yang Bisa Diakses dengan TransJogja

3. Museum Benteng Vredeburg

Masih satu jalan dengan Jalan Malioboro di Jogja, Museum ini merupakan salah satu tempat wisata yang cocok dijadikan tempat foto dengan latar tempo dulu.  Terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur gaya hindia belanda yang bisa memenuhi kebutuhan foto pengunjung. Benteng Vredeburg memiliki arti beteng perdamaian sebagai wujud hubungan yang baik dan tidak saling menyerang antara keraton dengan belanda. Benteng yang sekaligus museum ini memiliki waktu operasional setiap hari kecuali hari senin. Jam operasionalnya mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB, tetapi untuk weekend benteng ini buka hingga pukul 16.30 WIB. Pengunjung cukup mengeluarkan uang sebenyak Rp2000-Rp3000 untuk wisatawan lokal dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara.

4. Studio Alam Gamplong

Bagi penikmat film bumi manusia tentu tidak asing dengan tempat wisata ini. Studio Alam Gamplong merupakan tempat wisata buatan di Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, Jogja yang menyuguhkan setting Indonesia pada abad ke-16 dan 17 masehi. Dalam kawasan Studio Alam Gamplong ini terdapat beberapa tempat yang cocok dijadikan spot foto dengan latar tempo dulu, diantaranya pasar tradisional zaman dulu, benteng zaman belanda yang tentunya bukan banteng asli, dan tentunya terdapat rumah tokoh Annelis Mellema di film bumi manusia. Harga tiket masuk di kawasan ini mulai dari seikhlasnya hingga Rp10.000. Kawasan ini dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Itulah beberapa tempat foto dengan latar tempo dulu di jogja. Masing-masing tempat wisata memiliki keunikan tersendiri. Keempat tempat tersebut mewakili beberapa tempat wisata lain seperti Taman Sari, Warungboto dan berbagai tempat foto di Kotagede yang juga bisa dijadikan alternatif berburu foto dengan konsep oldie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here