Apakah Daging Gajah Jadi Menu Utama di Warung Tengkleng Gajah Sleman?

0
28
Foto : @jogjakakilima

Kira-kira apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar tengkleng gajah? Mungkin Anda akan berpikiran bahwa bahan dasar pembuatan tengkleng tersebut adalah daging gajah.

Warung bernama Tengkleng Gajah ini terletak di wilayah Bulurejo, Ngaglik, Sleman Provinsi Yogyakarta. Disini, Anda tidak akan menemui menu makanan yang berbahan dasar daging gajah. Hal ini disebabkan karena pemilik warung hanya menyajikan makanan yang berbahan dasar kambing.

Foto : @foodnotestories
Foto : @tengklenggajah

Mengenal Istilah Tengkleng

Tengkleng merupakan sejenis masakan yang berupa sup khas daerah Solo dengan bahan dasarnya adalah daging, jeroan, serta tulang dari kambing. Masakan ini memang terlihat hampir mirip dengan masakan gulai kambing. Pembedanya hanyalah dimana kuahnya terlihat lebih encer dari gulai kambing.

Alasan utama mengapa nama dari warung ini adalah Tengkleng Gajah Sleman adalah karena porsi makanan yang disajikan sangatlah banyak. Sehingga, dianggap seperti tengkleng porsi gajah.

Warung Tengkleng Gajah

Warung yang dibuka sejak tahun 2006 itu awalnya hanya menyajikan makanan berbahan dasar kambing saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, karena semakin banyaknya konsumen yang datang dan mempromosikan warung tersebut dari mulut ke mulut membuat warung ini pun cukup dikenal luas sehingga menarik wisatawan dari luar kota Yogyakarta untuk mampir dan mencicipi menu andalan dari Warung Tengkleng ini.

Ketika Anda mulai memasuki warung ini, maka Anda pun akan langsung dihadapkan dengan suasana dapur yang terbuka. Hal ini tentu membuat para konsumen bisa melihat bagaimana proses memasak tengkleng tersebut hingga penyajiannya di meja makan masing-masing pemesan.

Warung Tengkleng Gajah Sleman ini memiliki konsep warung yang terbuka dengan barisan meja panjang yang berjajar rapi. Dengan begitu, sangat dimungkinkan untuk menampung banyak pengunjung yang datang ke warung ini.

Baca Juga:  Soto Pak Sholeh Al Barokah

Menariknya lagi, Anda akan mencium aroma makanan yang cukup tajam di penciuman ketika hidangan datang dengan masih mengeluarkan kepulan uap panasnya. Tentu hal ini akan sangat menggugah selera makan dari para konsumen yang sudah menunggu dengan perut lapar.

Menu dari Warung Tengkleng Gajah

Disini, para pengunjung bisa memilih 11 jenis menu olahan daging kambing yang sudah disediakan oleh pihak pengelola dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pemesan. Hal ini akan tergantung pemesanan konsumen dimana ingin cita rasa manis, gurih, atau pedas.

Menu yang ditawarkan dari Warung Tengkleng Gajah Sleman ini diantaranya adalah sate. Yang mana menu sate ini akan disajikan dengan dua varian, yakni sate kambing bakar biasa, atau sate kambing goreng.

Selain itu, ada menu lain yang ditawarkan oleh warung ini, yakni gulai kambing, nasi goreng kambing, tongseng kepala kambing, dan tongseng kambing. Untuk tongseng kepala kambing nya juga dihadirkan dengan dua varian, yakni tongseng kambing yang disajikan biasa atau tongseng kambing yang digoreng terlebih dahulu.

Nah, untuk menu andalan yang sering dipesan oleh para pengunjung adalah tengkleng gajah. Untuk menu ini sendiri bisa dimasak sesuai dengan selera dari para konsumennya. Bisa dengan memilih tengkleng gajah resep original, tengkleng gajah tongseng atau yang digoreng, atau tengkleng gajah sambal bawang bagi konsumen yang suka akan citarasa pedas.

Menu dari Tengkleng Gajah Sleman ini akan disajikan ketika masih panas. Dagingnya pun masih menempel di tulang kambing yang begitu besar.

Untuk bisa menikmati sajian menu tengkleng gajah ini, para pengunjung tentu membutuhkan alat bantu berupa sedotan untuk menyeruput sumsum tulangnya. Anda juga bisa mengambil nasi padang sepuasnya untuk menemani makan tengkleng gajah ini.

Baca Juga:  Warung Soto Rejeki Bantul

Kuah dari menu ini juga cukup kental dengan cita rasa yang tidak terlalu tajam. Bagi Anda yang suka rasa manis, maka bisa memilih tengkleng yang digoreng maupun sate kambing dengan bumbu kecapnya.

Warung ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam. Untuk harga setiap porsi menu olahan daging kambing ini berkisar antara 12 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah saja. Nah, bagi Anda yang datang dari pusat kota Yogyakarta maka bisa menuju ke arah Utara dengan melewati Jalan Kaliurang hingga mencapai KM 9.

Sebelum arah pertigaan lampu merah pertama, Anda bisa mengarahkan kendaraan untuk berbelok ke arah Timur hingga terlihat Warung Tengkleng Gajah Sleman dengan area parkirannya yang sangat luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here