Wisata Ekstrem di Jogja yang Wajib Dicoba Para Petualang

0
218
wisata jogja
Foto : @hendrik.wahyu.w

KOTAJOGJA.COM – Wisata minat khusus saat ini memang sedang digemari banyak orang, khususnya wisata ekstrem yang berbau petualangan dan kegiatan outdoor. Jogja dengan kekayaan alam yang dimilikinya menyimpan berbagai tempat wisata ekstrem yang wajib dicoba untuk kamu yang suka tantangan dan punya jiwa petualang. Paket lengkap bagi kamu yang suka pantai, sungai, gunung, bahkan gua. Walaupun secara administratif lokasi wisata ini tidak berada di kota Jogja, tetapi tempat wisata ini masuk dalam provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu tempat wisata ini memiliki jarak yang relatif dekat apabila ditempuh dari kota Jogja. Berikut adalah beberapa tempat wisata ekstrem yang wajib kamu coba:

1. Caving di Gua Jomblang

Pemburu wisata ekstrem tentunya sudah memasukkan tempat wisata ini di bucket listnya. Gua Jomblang sendiri merupakan salah satu tempat wisata minat khusus dibidang penelusuran gua atau caving. Lokasi Gua Jomblang ini berada di Desa Pacarejo, Semanu. Ada beberapa jalur yag bisa kamu pilih untuk turun ke gua vertikal ini, dari jalur 15 m hingga jalur yang panjangnya 80 m. Gua yang mendapat julukan cahaya surga ini bisa kamu nikmati dengan cara turun menggunakan peralatan khusus, yaitu menggunakan sistem SRT (single rope technique). Bagi kamu yang belum mempunyai peralatan dan keahlian khusus tidak perlu khawatir, di area sekitar Gua Jomblang terdapat operator yang akan mengantarkan kalian dengan selamat sampai kebawah hingga naik kembali. Kamu hanya perlu membayar antara Rp450.000-Rp1.000.000 untuk satu orangnya. Waktu terbaik menikmati cahaya surga adalah pukul 11.00-14.00 WIB yaitu ketika matahari tepat diatas kepala kita. Pada kondisi itu pancaran cahaya akan masuk ke lorong vertikal gua dan menghasilkan efek yang disebut cahaya surga.

Baca Juga:  7 Air Terjun di Yogyakarta yang Segar dan Wajib Dikunjungi

2. Terbang di Bukit Paralayang Watugupit

Seperti nama tempatnya, bukit ini merupakan tempat para pencinta kegiatan ekstrem paralayang untuk take off. Dari bukit inilah sejarah paralayang indonesia dimulai. Kamu bisa menikmati indahnya Laut Selatan, Pantai Parangtritis dan perbukitan Karst Gunung Sewu dari ketinggian. Untuk terbang di lokasi ini kamu harus memiliki lisensi khusus penerbang dan didampingi oleh instruktur. Tetapi untuk kamu yang tidak memiliki parasut dan lisensi terbang, tetap bisa menikmati sensasi terbang dengan aman diatas lautan lepas dengan sistem tandem. Kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp 450.000 hingga Rp550.000 untuk terbang selama kurang lebih 20 menit. Dijamin adrenalinmu akan terpacu dan tentunya sensasinya tak akan pernah terlupakan. Kamu perlu memperhatikan kondisi cuaca dan angin jika ingin mencoba bermain paralayang. Itu karena paralayang tidak menggunakan mesin, melainkan hanya mengandalkan angin.

3. Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Sandboarding merupakan aktivitas berselancar di media pasir, dengan kata lain kamu meluncur diantara pasir-pasir dari ketinggian. Untuk wisata yang satu ini kamu tidak diharuskan memiliki lisensi atau keterampilan khusus. Yang perlu kamu siapkan adalah fisik bugar dan keberanian besar. Sama halnya dengan surfing, sandboarding juga membutuhkan keseimbangan yang baik. Jika kamu tidak memiliki keseimbangan yang baik kamu bisa terguling-guling sebelum kamu sampai dasar gumuk pasir. Kegiatan sandboarding ini menggunakan media papan khusus dengan dua pijakan kaki. Papan tersebut dilapisi dengan wax dibagian bawahnya sebagai pelumas. Untuk harga sewa papan berkisan antara Rp100.000 hingga Rp200.000 untuk pemakaian sepuasnya. Kamu akan mendapatkan sebuah papan, wax atau lilin pelumas dan tentunya sebuah helm untuk keamanan penyewanya. Waktu terbaik untuk menikmati sandboarding adalah sore hari ketika matahari sudah tidak tepat diatas kepala. Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum bermain sandboarding adalah usahakan kamu memakai sepatu agar kakimu tidak terpanggang pasir dan lebih nyaman bermain sandboarding.

Itu dia rekomendasi tempat wisata ekstrem di Jogja yang wajib dicoba jika kamu mengaku petualang sejati. Memang terbilang cukup mahal jika ingin mencobanya, tetapi harga yang kamu bayarkan akan sebanding dengan pengalaman dan sensasi yang didapatkan. Jadi buat kamu yang mau mencobanya, mulailah menabung dari sekarang.

Baca Juga:  Curug Luweng Sampang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here