pesona
Foto : @ginanjarrisang

KOTAJOGJA.COM – Yogyakarta memang tak pernah padam dalam menawarkan pesona wisatanya. Namun tahukan kamu ada beberapa hiddem gems Jogja yang belum banyak diketahui orang-orang? Sangat cocok untuk dijadikan bucket list liburan kamu tahun ini!

1Grojogan Lepo Dlingo

Foto : @zuni.w

Berlokasi di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul. Nama Grojogan Lepo diambil dari singkatan Ledok Pokoh. Akses jalan dari pusat Kota Yogyakarta menuju Kecamatan Dlingo cukup mudah dan kondisi jalan sudah diaspal. Namun ketika sudah sampai di jalanan yang melewati kawasan perkampungan menduduk kondisi jalan memang makin sempit dan sebagian berupa jalan cor semen. Keunikan dari Grojogan Lepo ini adalah memiliki 3 air terjun dan 4 kolam dengan kedalaman yang bervariasi. Kolam pertama memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter dan terdapat tempat khusus meloncat. Kolam kedua memiliki kedalaman sebatas pinggang orang dewasa, di bagian kola mini terdapat air terjun yang paling tinggi. Kolam ketiga berupa kolam kecil yang dikelilingi batuan dan sangat cocok bagi yang tidak bisa berenang.

2Air Terjun Luweng Sampang

Foto : @yongkyrockie

Gunung Kidul memang terkenal dengan pantainya yang indah. Namun siapa sangka, ada hidden gems yang belum banyak diketahui orang-orang yaitu Air Terjun Luweng Sampang. Berada di Desa Sampang, Gedang Sari, Gunung Kidul. Air terjun dengan ketinggian 5 meter siap menyambut pengunjung dilengkapi dengan relief batuan kapur di kanan dan kiri air terjun. Tak heran jika Air Terjun Luweng Sampang dijuluki sebagai Grand Canyonnya Jogja. Air terjun ini juga memiliki sisi historis, konon menjadi tempat petilasan pertapaan Sunan Kalijaga. Pengunjung hanya ditarik biaya masuk sebesar Rp 2000 saja.

3Watu Giring

Foto : @sigitpd

Tempat wisata satu ini masih jarang diketahui oleh wisatawan. Berlokasi di Jelok, Sambirejo, Pacarejo, Keamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Watu Giring menyajikan pesona pemandangan menakjubkan dari deretan batuan kapur dari bekas galian tambang batu gamping yang sudah tidak beroperasi lagi. Tempat yang sangat asyik untuk nongkrong dan bersantai bersama teman-teman dan cocok bagi yang ingin foto dengan latar belsakang pemandangan yang anti-mainstream. Paling pas dan terkesan dramatis bila pengambilan foto saat sunset. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, hanya dikenakan biaya parkir Rp 2000 saja.

Baca Juga:  Spot Glamping di Jogja Untuk Stayaction

4Pantai Kalong

pesona
Foto : @ginanjarrisang

Berbeda dengan deretan wisata pantai lain, Pantai Pulau Kalong sangat unik. Pengunjung tidak akan menemukan pasir putih namun justru menemukan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Inilah pesona daya Tarik Pantai Kalong Pengunjung bsa mencoba wahana kereta gantung dan jembatan untuk menyeberangi pantai menuju Pulau Kalong yang sangat menantang adrenalin. Pantai ini terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Tiket masuk dipatok Rp 6000 dan jika ingin menaiki kereta gantung dipatok biaya Rp 25.000.

5Kedung Pedut

Foto : @nugra10_

Berlokasi di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. pesona wisata ini menawarkan pemandangan yang unik berupa air terjun dengan dua warna putih dan biru tosca. Perpaduan dua aliran air yang indah itu membentuk kolam air dengan warna yang sangat menarik. Pengunjung bisa bermain air dan berenang sepuasnya. Kawasan Kedung Pedut masih alami di pegunungan dan belum banyak terjamah. Perlu berhati-hati jika berkunjung saat musim hujan karena jalanan akan sedikit licin. Pengunjung hanya dipatok biaya masuk Rp 3000 saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here