7 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Paling Enak, Murah, dan Istimewa

0
851
oleh-oleh
Foto ig : @endaginting

KOTAJOGJA.COM – Liburan ke Jogja tentu tidak afdol jika belum membeli oleh-oleh untuk keluarga dan orang tersayang. Berikut rekomendasi oleh-oleh Khas Jogja yang enak, istimewa, dan tidak bikin kantong jebol.

  1. Bakpia Pathok

Oleh-oleh satu ini sangat legen dan wajib kamu beli Ketika berlibur di Jogja. Terbuat dari gulungan tepung yang dipanggang dan diisi dengan bermacam isian seperti kacang hijau, keju, coklat, ketan hitam, dan banyak lagi. Bakpia original berisi kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya dan dihaluskan. Salah satu bakpia yang terkenal adalah Bakpia Pathok 25. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 35.000 tiap kotaknya.

Foto ig : @dodolankhasjogja
  1. Geplak

Buat kamu pencinta manis, geblak pasti akan jadi favoritmu. Terbuat parutan kelapa dan tepung beras yang dicampur dengan gula. Kemudian diolah menjadi makanan berbnetuk bulat warna-warni manis yang lembut. Makanan yang legit ini bisa kamu nikmati mulai dari Rp 25.000 perkilonya. Kamu juga bisa membeli kemasan yang lebih kecil hanya Rp 10000.

Foto ig : @omah.yousry
  1. Yangko

Oleh-oleh satu ini masih memiliki cita rasa yang manis dan legit khas Jogja. Terbuat dari tepung ketan yang digiling, Yangko sangat yang lembut dan kenyal menyerupai moci. Namun teksturnya lebih padat. Salah satu pusat oeh-oleh yang menjual Yangko adalah Yangko Pak Prapto. Berlokasi di Jalan Pramuka nomor 82 Yogyakarta. Beragam varian rasa Yangko bisa kamu jumpai di sini. Ada original, stroberi, nanas, coklat, durian, , dan masih banyak lagi. Harga satu kotak Yangko berkisar Rp 10000 hingga Rp 15000 dengan isi 30 potong Yangko. Tak perlu khawatir soal rasa, satu kotak Yangko berisi bergam varian rasa.

Foto ig : @dhiahoddie
  1. Salak Pondoh

Jika kamu jalan-jalan ke Jogja di sisi utara, salak pondoh bisa kamu jadikan pilihan oleh-oleh yang segar. Kawasan Sleman Yogyakarta memang terkendal dengan perkebunan salak pondohnya yang manis. Salak dijamin segar karena dipetik langsung dari kebunnya sebelum dijual di gubuk-gubuk di pinggiran jalan kawasan Kaliurang. Kalau kamu tidak semat ke Kaliurang, jangan khawatir karena salak pondoh juga bisa kamu temukan di Pasar Bringharjo dan kawasan Malioboro. Harga dipatok mulai dari Rp 10000 tiap kilogramnya.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Sleman
Foto ig : @endaginting
  1. Jadah Tempe

Jadah tempe dikenal sebagai sajian makanan favorit Sultan Hamengkubuwana IX. Jadah adalah makanan dengan tekstur kenyal bercita rasa gurih dan dibuat dari tepung ketan. Sangat cocok disantap dengan pasangannya, yaitu tempe. Diolah dengan bumbu rahasia membuat tempe menjadi empuk dengan citarasa gurih manis menggugah lidah. Salah satu penjual Jadah Tempe yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik berlokasi di Jalan Kaliurang km 12.5. Harga satu porsi jadah tempe dipatok mulai dari Rp 15.000 saja.

Foto ig : @eatandjournal
  1. Wedang Uwuh

Tak hanya makanan saja, Jogja memiliki oleh-oleh khas berupa minuman yaitu Wedang Uwuh. Dalam Bahasa Indonesia, Uwuh berarti sampah. Namun bukan berarti minuman ini berasal dari sampah. Diberi nama Wedang Uwuh karena minuman ini terbuat dari beragam rempah seperti cengkeh, jahe segar, kayu manis, gula batu, dan masih banyak lagi. Selain segar untuk dikonsumsi, Wedang Uwuh juga berkhasiat sebagai minuman untuk menjaga kesehatan. Minuman berwarna merah ini memiliki rasa manis sedikit pedas, sangat cocoj diminum di suasana dingin untuk menghangatkan tubuh. Kamu bisa membeli Wedang Uwuh kemasan siap seduh di kawasan Malioboro dan Pasar Bringharjo. Harga Wedang Uwuh sangat terjangkau, Rp 25000 untuk tiap kotak berisi 10 kemasan siap seduh.

Foto ig : @rmklapamanis
  1. Gudeg

Siapa yang tidak kenal Gudeg? Makanan yang terbuat dari buah nangka, dengan citarasa manis yang kuat, dan tekstur yang lembut di mulut ini sangat legend di Jogja. Kini kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tak perlu khawatir basi karena sudah tersedia gudeg dengan kemasan kaleng yang cocok untuk oleh-oleh dan tentunya jauh lebih awet. Satu kaleng gudeg dihargai mulai Rp 35000 saja. Gudeg kaleng bisa tahan hingga satu tahun penyimpanan. Jadi sangan sampai lupa untuk membeli gudeg sebagai oleh-oleh ya!

Baca Juga:  Travelling Aman dan Nyaman di Jogja Selama Pandemi
Foto ig : @rachveda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here