7 Rekomendasi Desa Wisata di Yogyakarta yang Seru untuk Dikunjungi

0
1683
rekomendasi
Foto ig : @tunas_sekawan

KOTAJOGJA.COM – Suasana desa yang masih asri dan nyaman pasti membuat setiap orang merasa tenang. Buat kamu yang ingin berwisata untuk melepas penat tapi sekaligus ingin belajar hal baru desa wisata bisa jadi pilihan untuk masuk bucket list tujuan liburan nanti. Berikut rekomendasi 7 Desa Wisata di Yogyakarta yang Seru untuk Dikunjungi.

1. Desa Wisata Brayut

Berlokasi di  Brayut, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakartadan menawarkan wisata edukasi. Para wisatawan yang datang berkunjung dapat mengikuti berbagai macam jenis pelatihan yang cukup menyenangkan, seperti pelatihan menari, bermain gamelan, merangkai janur, dan bercocok tanam di sawah secara tradisional. Pengunjung bisa menginap di desa Wisata Brayut dengan sistem live in di rumah-rumah masyarakat. Sangat cocok untuk wisata bersama seluruh anggota keluarga karena ramah untuk segala usia.

Foto ig : @desawisatabrayut

2. Desa Wisata Tembi

Salah satu yang menjadi rekomendasi daya Tarik Desa Wisata Tembi adalah adanya galeri seni yang dapat dinikmati pengunjung. Yang jadi ikonik tentunya adalah Museum Rumah Budaya Tembi. Museum ini memiliki koleksi peninggalan budaya Jawa di masa lalu yang cukup variatif, antara lain peralatan dapur (tungku, dandang), persenjataan masyarakat jawa (keris, tombak), peralatan untuk bertani (bajak), dan peralatan seni (gamelan, batik). Desa wisata ini berlokasi di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Foto ig : @dndramh

3. Desa Wisata Krebet

Desa wisata Krebet terletak di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, kurang lebih 12 km barat daya Kota Yogyakarta. Daya Tarik Desa Wisata Krebet adalah kerajinan batik kayunya yang sudah mencapai pasar mancanegara. Di Desa wisata ini pengunjung bisa belajar membatik dengan media kayu.Selain membatik, pengunjung juga bisa belajar Bertani secara tradisional. Tersedia fasilitas live in bagi pengunjung yang ingin merasakan atmosfer tinggal di pedesaan yang asri dan menenangkan. Desa wisata ini menerima tamu mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Sleman
Foto ig : @agusjatikumara

4. Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum wisata alam dan wisata edukasi bagi pengunjung. Suasananya yang di pegunungan masih sangat asri dengan udara yang sejuk sangat cocok untuk melepas penat. Berlokasi di Dusun Pandan Arum, Desa Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Di Desa Wisata Kembang Arum pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti outbond, sanggar lukis, camping, memancing, hingga live in di homestay. Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, terdapat toilet, mushola, pendopo pertemuan, dan area parkir.

Foto ig : @desawisatakembangarum

5. Desa Wisata Kasongan

Berbeda dengan desa wisata pada umumnya, Desa Wisata ini menawarkan gerabah sebagai daya tarik utama dan menjadi sentra gerabah di Yogyakarta. Berlokasi tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Tepatnya di Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 7 km untuk sampai di desa wisata Kasongan. Di sana terdapat banyak rumah produksi gerabah dan show room. Pengunjung bisa melihat berbagai rekomendasi bentuk gerabah khas Kasongan yang sudah mendunia ini. Tak hanya melihat saja, pengunjung juga bisa mencoba membuat gerabah dan hasilnya boleh dibawa pulang. Fasilitas ini dipatok dengan harga mulai Rp 50.000. Kamu bisa berkunjung ke sana mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Photo By : liburananak. Com

6. Desa Wisata Banyu Sumurup

Lokasi desa wisata ini masih di Bantul, tepatnya di Desa Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Salah satu keunikan dan daya tarik dari desa wisata ini keris warangkanya. Jika Desa Wisata Kasongan dikenal dengan gerabahnya, maka Desa Wisata Banyu Sumurup ini dikenal dengan masih banyaknya empu atau pengrajin keris tradisional.  Pengunjung bisa membeli keris bahkan ikut belajar langsung membuat keris. Keris-keris yang dibuat dipajang dalam Galeri Keris. Di dalam galeri ini pengunjung bisa melihat aneka koleksi keris dan warangka khas Banyu Sumurup. Di desa wisata ini juga terdapat masjid kuno bersejarah yang disebut Masjid Keraton yang juga tak boleh anda lewatkan.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Jogja yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga
Foto ig : @tunas_sekawan

7. Desa Wisata Penting Sari

Rekomendasi selanjutnya Desa wisata yang tak boleh kamu lewatkan adalah Desa Wisata Penting Sari. Berada di kawasan Kaliurang berjarak kurang lebih 11 kilometer dari puncak Gunung Merapi membuat desa ini sangat sejuk. Desa wisata Penting Sari menawarkan beragam aktivitas menyenangkan seperti belajar bertanam di sawah, belajar membatik, belajar memainkan gamelan, hingga live in merasakan kehidupan ala desa bersama masyarakat. Kamu bisa berkunjung mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sangat cocok jika kamu berkunjung ke sini bersama keluarga atau rombongan dalam jumlah banyak.

Foto ig : @desawisatapentingsari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here