7 Air Terjun di Yogyakarta yang Segar dan Wajib Dikunjungi

0
677
destinasi
Foto ig : @rienyaries

1. Air Terjun Telogo Muncar

Destinasi Air terjun telogo muncar berlokasi di Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Air terjun ebrasal dari mata air di bukit Plawangan Gunung Merapi. Lokasi tempat wisata ini cukup mudah diakses, kita hanya perlu menyusuri Jalan Kaliurang hingga sampai di lokasi kawasan wisata Kaliurang dan ikuti petunjuk menuju ke lokasi air terjun. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, area wisata ini juga menyediakan area perkemahan. Tak hanya itu, bagi anda yang hendak membawa anak-anak, pengelola sudah menyediakan arena bermain sehingga cukup ramah keluarga. Tiket masuk dipatok Rp 8000 saja dengan biaya parkir Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Foto ig : @lissamarwina

2. Grojogan Watu Purbo

Berkunjung ke Grojogan yang unik ini berlokasi di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Keunikan dari air terjun satu ini adalah memiliki 6 tingkatan yang terbuat dari penahan lava Gunung Merapi di masa lalu. Disebut Grojogan Watu Purbo karena di kanan kiri air terjun terdapat batuan-batuan tua yang menambah eksotisme air. Akses menuju lokasi cukup mudah, Anda bisa bergerak menyusuri Jalan Magelang hingga sampai di lampu merah Tempel belok ke utara. Lalu masuk Gapura Desa Merdikorejo, di sana anda akan menemukan rambu petunjuk menuju Grojogan Watu Purbo. Untuk menikmati indahnya air terjun bertingkat ini pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk, hanya biaya parkir kendaraan. Sepeda Rp 2.000, motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000, dan bus Rp 20.000.

Foto ig : @adibinabrar

3. Air Terjun Kembang Soka

Air terjun ini berada di Kawasan Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta. Ciri khas dari air terjun Kembang Soka adalah airnya yang berwarna tosca kebiruan. Selain itu, di sepanjang aliran air terjun terdapat banyak kolam alami. Batuan air terjun dan dasar sungainya berwarna kekuningan, Tebing yang berada disisinya berwarna merah marun. Tiket masuk hanya Rp 1000  dengan parkir sepeda motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000.

Baca Juga:  Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pagi Hari
Foto ig : @rienyaries

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk berada di Gunung Kidul dan diklaim sebagai destinasi air terjun tertinggi di Gunung Kidul. Di sana pengunjung tidak hanya sekadar bisa menikmati keindahan air terjun saja, namun juga bisa menikmati air terjun sambal naik flying fox dan rafting. Tempat wisata ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Tiket masuk lokasi wisata dipatok Rp 15.000, jika anda ingin menaiki flying fox dipatok biaya Rp 30.000 dan body rafting sebesar Rp 35.000.

Foto ig : @hariad_23

5. Air Terjun Pulosari

Destinasi Air terjun satu ini terletak di Desa Krebet, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Ciri khas dari air Terjun Pulosari adalah aliran air terjun yang menyerupai tirai. Ketika musim hujan debit air deras sehingga menambah keindahan tirai air terjun. Sayangnya di musim kemarau air terjun Pulosari akan mengering jadi disarankan untuk berkunjung saat musim penghujan. Pengunjung bisa menikmati permainan ekstrim seperti climbing dan rapling yang tersedia di bagian barat air terjun. Anda hanya perlu membayar biaya parkir saja, Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 kendaraan roda empat.

Foto ig : @doddy_jogja

6. Air Terjun Luweng Sampang

Destinasi Air terjun Luweng Sampang yang berada di Kabupaten Gunug Kidul, tepatnya berada di Desa Karangasem, Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul. Tinggi air terjun ini sekitar 5 meter dengan lebar 1,5 meter.Keunikan dari air terjun satu ini adalah adanya tebing batuan yang berornamen alami di sekeliling air terjun. Tebing batuan ini diklaim menyerupai Grand Canyon yang terkenal di Amerika Serikat. Untuk menikmati Grand Canyon ala Gunung Kidul ini pengunung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 2000  dan parkir Rp 5000.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata yang Bisa Diakses dengan TransJogja
Foto ig : @airterjunluweng

7. Air Terjun Grojogan Sewu

Berlokasi di Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, menawarkan keindahan alami dari air terjun yang berada di tengah hutan. Walaupun di tengah hutan namun dipastikan aman. Tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp 4000 dan biaya parkir Rp 2000. Jika anda berkunjung ke sini disarankan menggunakan sepeda roda dua karena akses untuk mobil cukup sulit.

Foto ig : @bendottetapsemangat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here