6 Wisata Populer di Kabupaten Gunung Kidul

0
456
gunung kidul
Foto ig : @ara_dinata

1. Pantai Timang

Jika kamu pecinta wisata pantai namun bosan dengan pantai yang itu-itu saja, wajib bagi kamu untuk datang ke Pantai Timang yang berlokasi di Tepus, Gunung Kidul. Di sini kamu bisa menikmati pantai dengan suasana yang berbeda. Begitu sampai di lokasi kamu disambut pemandangan pantai bertebing dan pulau di tengah laut. Pengunjung bisa menyeberang menuju pulau dengan menaiki jembatan atau gondola. Tarif naik jembatan Rp 100.000 dan tarif naik gondola Rp 150.000. Jika beruntung, kamu bisa melihat penyu yang menyembul ke permukaan dari bawah laut. Untuk tiket masuk pengunjung dipatok harga Rp 6000.

Foto ig : @wantiseptiana

2. Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Mendaki gunung jadi hobi yang cukup tren. Namun tidak semua orang bisa melakukannya karena ekstrim dan berbahaya. Tapi kalau kamu ingin merasakan suasana mendaki gunung dengan jalur yang tidak ekstrim namun tetap dengan pemandangan yang ciamik coba lah untuk mendaki ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul. Dari atas puncak gunung kamu akan disuguhi pemandangan pegunungan hijau dan tebing-tebing tinggi yang menakjubkan. Kamu bisa berkunjung dan berkemah di embung Nglanggeran. Di malam hari, suguhan pemandangan alam dari langit berupa taburan bintang siap menjamu mata. Untuk dapat masuk ke area Gunung Api Purba Nglanggeran pengunjung hanya dipungut biaya Rp 15.000 dan jika ingin berkunjung ke embung Nglanggeran dikenakan biaya tambahan Rp 10.000.

Foto ig : @sefintrinov

3. Goa Pindul

Goa Pindul sangat populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berada di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Gunung Kidul berupa goa dengan aliran sungai bawah tanah. Panjang goa berkisar 300 meter dengan lebar sekitar 5 meter. Pengunjung bisa menikmati cave tubing yaitu menyusuri goa dengan naik ke atas ban dalam. Aliran sungai bawah tanah Goa Pindul sangat tenang dan memiliki debit air yang stabil di segala musim. Selama menyusuri sungai, pengunjung akan didampingi pemandu yang juga menceritakan sejarah Sungai dan Goa Pindul. Kamu bisa menyewa peralatan tubing di lokasi. Tiket masuk Goa Pindul Rp 10.000 saja sedangkan untuk sewa peralatan cave tubing dikenakan biaya Rp 40.000. Buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 17.00 WIB.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata yang Bisa Diakses dengan TransJogja
Foto ig : @goapindul.id

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk diklaim sebagai air terjun tertinggi di Gunung Kidul dengan ketinggian mencapai 50 meter. Di air terjun ini pengunjung tidak hanya sekadar bisa menikmati keindahan air terjun saja, namun juga bisa menikmati air terjun sambal naik flying fox dan rafting. Tempat wisata ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Tiket masuk lokasi wisata dipatok Rp 15.000, jika anda ingin menaiki flying fox dipatok biaya Rp 30.000 dan body rafting sebesar Rp 35.000.

Foto ig : @sri_gethuk

5. Pantai Indrayanti

Sebenarnya pantai ini memiliki nama resmi Pantai Pulang Syawal. Namun karena suatu hal, justru pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai berpasir putih dengan air laut biru dilengkapi tebing di tepi pantai yang makin menambah keindahan. Tak hanya pemandangan indah, kamu juga bisa menjajal aneka wahana salah satu yang populer yaitu jetsky. Tiket masuk Pantai Indrayanti sangat terjangkau hanya Rp 15.000 saja.

Foto ig : @ibenn25

6. Goa Jomblang

Selain Goa Pindul, Gunung Kidul masih menyimpan wisata Goa yang lainnya. Salah satunya Goa Jomblang yang sudah populer di kalangan wisatawan mancanegara. Disini kamu bisa masuk ke goa sedalam kurang lebih 60m, dilanjutkan dengan berjalan menyusuri dalam goa kurang lebih sejauh 500m, setelah itu kamu akan mendapatkan lubang diatas dengan cahaya yang sangat indah. Untuk tiket masuknya sendiri seharga Rp 500.000 untuk wisatawan lokal maupun asing. Harga ini tentu sebanding dengan pengalaman yang akan didapatkan dan sudah termasuk fasilitas berupa peralatan safety, asuransi guide dan makan siang. Goa Jomblang hanya menerima maksimal pengunjung 100 orang perhari.

Baca Juga:  5 Wisata Jogja Untuk Pecinta Ketinggian, Nomor 5 Wajib Dikunjungi
Foto ig : @ceinnychai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here