5 Wisata Anak di Jogja yang Murah dan Edukatif

0
2635
wisata anak
Foto ig : @sigitajisaputra

1. Taman Pintar

Wisata anak yang berada di taman Pintar ini jadi pilihan pas liburan bersama keluarga. Di Taman Pintar pengunjung akan diajak untuk belajar beraneka alat peraga sains yang seru, seperti Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, dan Pipa Bercerita.  Berlokasi di dekat Malioboro dan sangat mudah diakses. Tiket masuk Taman Pintar sangat terjangkau, Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 untuk dewasa. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Lokasinya yang tak jauh dari kawasan Malioboro sangat mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Harga tiker masuknya juga terjangkau, hanya RP 12.000 saja.

Foto ig : @windiasupendi

2. Gembira Loka

Gembira Loka adalah kebun binatang terbeesar di Yogyakarta. Dijamin jika anda membawa anak-anak ke sini mereka akan bersemangat. Berlokasi di Jalan Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Selain melihat-lihat satwa langka, pengunjung juga bisa menikmati beragam wahana yang ditawarkan seperti kereta keliling, kapal, becak air, dan berselfie ria di aneka spot foto yang tersedia. Tempat wisata keluarga ini sangat mudah diakses karena berada di pinggir jalan raya. Tiket masuk pada Hari Senin – Kamis Rp 60.000 (09.00-15.00), Jumat libur (kecuali libur nasional), Hari Sabtu-Minggu dan Hari Libur Nasional Rp 75.000 (8.30-16.00).

Foto ig : @watii_yk_95

3. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Monjali dibangun untuk memperingati kembalinya Jogja ke Indonesia dari tangan Belanda. Inilah mengapa dinamakan Monumen Jogja Kembali. Monumen ini terdiri atas tiga lantai yang mana masing-masing lantainya berisi benda-benda peninggalan dan bukti sejarah perebutan Jogja. Anda bisa mengajak untuk untuk belajar kilas balik sejarah Indonesia di masa lalu. Buka setiap hari Selasa-Jumat mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB dan Hari Sabtu-Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB. Dengan tiket masuk Rp 10.000.

Baca Juga:  Grojogan Sewu Kulon Progo
Foto ig : @dhian_hardjodisastro

4. Museum Dirgantara

Museum Dirgantara adalah Museum Pusat TNI AU di Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Menjadi salah satu pusat wisata edukasi bidang pesawat terbang. Beragam jenis pesawat terbang, helicopter, hingga radar dipamerkan. Selain itu juga ada patung-patung tokoh-tokoh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Salah satu pesawat yang terkenal adalah N250 PA01 Gatot Kaca yang merupakan pesawat pertama hasil karya BJ Habibie. Sangat cocok untuk mengajak anak-anak anda belajar dunia penerbangan apalagi tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya Rp 2000 saja.

Foto ig : @sigitajisaputra

5. Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Wisata anak yang Berlokasi di Jalan Tirtodipuran Nomor 26 Mantrijeron Kota Yogyakarta. Museum ini bisa jadi museum favorit bagi anak-anak karena memang menyediakan beragam jenis mainan dari berbagai generasi. Menariknya, museum ini adalah satu-satunya museum mainan anak di Indonesia. Terdapat kurang lebih 16.000 koleksi mainan, namuan hanya ada 300-500 mainan yang dipamerkan karena terbatasnya ruangan. Koleksi mainan dirotasi tiap dua tahun sekali untuk menyiasati terbatasnya ruangan. Selain edukatif, untuk melihat beragam koleksi yang dipamerkan pengunjung hanya dipatok tarif tiket masuk Rp 4000.

Foto ig : @rodri_chen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here