KOTAJOGJA.COM – Kabupaten Bantul memiliki ragam pilihan bagi wisatawan untuk menikmati keindahannya, dari wisata kuliner, wisata pantai di pesisir selatan, menikmati suasana pedesaan yang tenang, kuliner tradisionalnya yang memanjakan lidah, dan aneka ragam kerajinan dari berbagai jenis. Selain itu juga ada wisata yang relatif baru muncul yaitu Curug Banyunibo. Seperti apa suasana di Curug yang berada di sebelah barat Kabupaten Bantul ini? Simak ulasannya berikut ini.

Lokasi Curug Banyunibo

Pada kesempatan kali ini, tim kotajogja.com menikmati wisata air yang berada tidak jauh dari Desa Krebet penghasil kerajinan kayu dengan motif batiknya yang sudah terkenal di seantero Indonesia bahkan dunia. Nama tempat tersebut adalah Curug Banyunibo, secara administratif berada di Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

curug-banyunibo-9
Curug Banyunibo Pajangan Bantul

Menuju Curug Banyunibo

Rute menuju lokasi Curug Banyunibo sangatlah mudah, cukup susuri ring road selatan menuju daerah pabrik gula Madukismo, dilanjutkan menuju Desa Krebet. Dari patung Semar di Desa Krebet arahkan kendaraan ke kiri, lurus ikuti jalan hingga menemukan pertigaan lalu belok ke kanan. Petunjuk arah menuju Curug Banyunibo terlihat kecil, butuh sedikit kejelian, jika tidak mau tersasar silahkan bertanya kepada penduduk sekitar. Pada musim kemarau debit air cenderung kecil, sedangkan pada musim penghujan debit air curug relatif cukup besar.

Perjalanan menuju di tempat ini bagaikan permainan labirin yang penuh liku serta banyak jalan kecil yang bisa mencapai tempat ini. Mulai jalan aspal mulus hingga jalan kecil berkelok dan bercor menjadi pemandangan perjalanan di tempat ini. Memasuki kawasan menuju air terjun ini, kami melewati jalan setapak yang sudah di cor hingga memudahkan perjalanan menuju objek wisata ini. Selain itu jalanan yang naik turun semakin membuat perjalan menuju ketempat ini semakin asyik dan menyenangkan. Singkat cerita kami akhirnya sampai juga di bawah Curug Banyunibo, suara gemericik air dan gesekan dedaunan yang diakibatkan angin membuat suasana damai, tenang dan penuh kesejukan membayar peluh perjalanan yang berliku.(aanardian)

Baca Juga:  Goa Kiskendo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here