Manfaat Gula Kelapa dan Rekomendasinya yang Aman untuk Kesehatan

0
74
greenara

Dalam keseharian, Anda tentunya tidak bisa lepas dari gula. Gula yang mempunyai fungsi utama sebagai penambah rasa manis, menjadikannya populer digunakan untuk memasak maupun membuat minuman. Sayangnya, mengkonsumsi terlalu banyak gula juga tidak baik bagi kesehatan.

Untungnya, kini sudah ada gula kelapa yang menjadi alternatif pemanis makanan dan juga minuman pengganti gula tebu. Gula kelapa terbukti lebih aman bagi kesehatan karena terbuat dari nira pohon kelapa alami.

Manfaat Gula Kelapa untuk Kesehatan

Gula kelapa sangat banyak dicari oleh masyarakat di negara-negara maju karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Faktanya, saat ini negara-negara seperti Eropa, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat lebih banyak menggunakan gula kelapa dalam makanan yang mereka konsumsi sehari-hari, lho. Berikut adalah beberapa manfaat dari gula kelapa untuk kesehatan.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Di dalam tubuh manusia, gula kelapa dapat melakukan fungsi detoksifikasi alami pada sistem pencernaan. Penggunaan gula kelapa pada makanan atau minuman seperti susu, kopi dan teh juga akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Anda juga dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti mual, mulas, dan diare. Hal ini karena gula kelapa tinggi serat.

  1. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah merupakan masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Gejala anemia juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi gula kelapa. Hal ini karena gula kelapa kaya akan zat besi dan nutrisi lain yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan mungkin penyakit sepele, namun jika tidak ditangani dengan baik bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ternyata, Anda jug bisa menyembuhkan sariawan dengan gula kelapa. Tak hanya itu, gula kelapa juga dapat mengatasi peradangan serta menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Gula kelapa mengandung niacin yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mulut. Selain itu, mengonsumsi gula kelapa dan kunyit asam akan membantu menurunkan suhu tubuh dan mencegah sakit maag.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, sebaiknya ganti gula tebu dengan gula kelapa. Gula tebu mengandung fruktosa yang tinggi sehingga kurang baik bagi kesehatan. Di dalam tubuh, fruktosa dengan cepat diubah menjadi lemak sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Berbeda dengan gula kelapa atau gula merah yang memiliki kandungan potasium tinggi untuk membantu meningkatkan metabolisme, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan membantu membuang racun dalam tubuh dengan membakar kalori.

Namun, disarankan untuk tetap mengonsumsi gula merah dalam jumlah sedang karena terlalu banyak akan menghilangkan semua manfaat kesehatan yang dimilikinya.

  1. Menghilangkan Demam dan Flu

Saat pergantian musim seperti sekarang, daya tahan tubuh mudah lemas sehingga Anda gampang terserang penyakit seperti demam dan flu. Gunakan gula kelapa sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh, mengurangi gejala flu dan demam.

Rebus gula kelapa dengan air jeruk lemon atau jahe dan minum selagi hangat. Tujuannya untuk meredakan demam, batuk dan flu, serta membuat tubuh lebih hangat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minuman ini baik dikonsumsi setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

Rekomendasi Gula Kelapa yang Aman untuk Kesehatan dan Diabetes

Di zaman sekarang ini, penyakit diabetes sepertinya menjadi penyakit yang paling diderita oleh sebagian besar orang. Tidak terbatas pada muda atau tua, setiap orang yang tidak menjalani pola hidup sehat bisa terkena diabetes. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk mengontrol pola dan gaya hidup agar tidak merugikan dirinya sendiri di kemudian hari.

Salah satu cara yang banyak dipilih adalah dengan mengontrol konsumsi gula harian. Masyarakat saat ini mulai memilih gula yang aman untuk diabetes dan mencermati kandungannya. Berikut adalah rekomendasi gula kelapa yang sangat cocok untuk di konsumsi penderita diabetes.

  1. Greenara Organic Coconut Sugar

Gula kelapa organik bernama Greenara Organic Coconut Sugar terbuat dari 100% bahan alami. Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan produk gula kelapa yang aman bagi tubuh. Pemanis ini terbuat dari nira kelapa yang mampu memberikan zat besi, serat pangan dan vitamin bagi tubuh.

Karena terbuat dari 100% bahan alami, Greenara Organic Coconut Sugar sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja, terutama penderita diabetes. Keunggulan gula kelapa organik adalah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja termasuk penderita diabetes.

Gula ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet, karena tidak ada campuran bahan apapun dan tanpa bahan pengawet apapun.

Produk ini juga sudah bersertifikasi organik dan juga higienis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan produk ini. Gula ini dijual dalam ukuran 100 gram dan harganya pun sangat murah.

  1. Ansell Coconut Sugar

Gula Kelapa Ansel merupakan gula yang dihasilkan melalui proses alami tanpa tambahan bahan pengawet dan pewarna makanan. Manisnya dihasilkan langsung dari getah pohon kelapa, sehingga aroma khas getahnya  mampu menggugah selera.

Gula kelapa ini kaya akan mineral dan memiliki kandungan sukrosa yang lebih rendah dibandingkan gula putih biasa. Nutrisi yang tersimpan dalam gula kelapa Ansell antara lain riboflavin, thiamin, asam askorbat, asam nikotinat, vitamin C dan protein.

Sekarang Anda sudah tahu gula kelapa yang bisa dipilih untuk dikonsumsi yang baik bagi kesehatan, kan? Nah, semua produk di tersebut bisa Anda dapatkan di Blibli. Jadi,  Anda tidak perlu lagi berbelanja keluar rumah untuk mendapatkan produk gula kelapa yang baik untuk kesehatan.