Rekomendasi Jalur Tur Bersepeda di Jogja

0
45
Foto : Ig @jogja.bike

Jogja adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan nuansa nyaman nan adem. Ada banyak hal yang bisa dilakukan penduduk untuk menikmati keindahan Jogja, seperti berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, berbelanja di Kawasan Malioboro, serta bersepeda. Salah satu yang populer adalah bersepeda sambil menikmati pemandangan.

Foto : Ig @jogja.bike

Banyak wisatawan yang memanfaatkan kegiatan bersepeda ini untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Terlebih lagi, wisatawan tidak perlu bingung menyewa sepeda karena pemerintah kota telah menyediakan sepeda wisata yang bisa digunakan. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda cukup mengunduh aplikasi Jogjabike dan dapat langsung registrasi.

Dengan kemudahan tersebut, Anda kini tinggal mengunjungi tempat-tempat wisata yang ingin Anda datangi. Akan tetapi, Anda juga perlu memikirkan tentang jalur sepeda mana yang harus dilalui jika ingin menggunakan sepeda. Tidak perlu khawatir karena kami telah merangkum rekomendasi jalur tur bereepeda di Jogja di bawah ini.

1. Rute Romansa Kota Lawas

Jika Anda ingin menyusuri rute dengan destinasi menarik, rute romansa kota lawas yang satu ini cocok untuk dijadikan pilihan. Rute ini memiliki nuansa romansa masa lalu yang kental. Selain itu, Anda juga bisa melewati berbagai tempat menarik, seperti Kota Baru, Gajah Wong Educational Park, wisata kuliner di Lapangan Karang, dan Kebun Binatang Gembira Loka.

Sebagai wisatawan, Anda juga dapat menyinggahi lokasi fotogenik di Rumah Persik. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah, seperti Makam Raja Kotagede, Omah UGM, dan Masjid Gedhe Mataram Kotagede. Anda akan menyusuri jalur sekitar 12 kilometer yang tentunya tidak akan membuat Anda bosan saat menyusurinya.

Foto : Ig @jogja.bike

2. Rute Jajah Kampung Susur Sungai

Rute yang satu ini diawali dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Taman Robin, yang memiliki konsep Internet of Things yang dibuat dengan sistem penyiraman tanaman otomatis. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan melewati Pasar Kranggan dan berhenti di Ruang Terbuka Hijau. Selanjutnya, Anda dapat merasakan nuansa desa yang pekat jika sudah memasuki Kampung Sayur.

Baca Juga:  Ini Pesan Sultan bagi Para Pemudik agar Jogja Tetap Aman

Selanjutnya, Anda akan menyusuri Kelurahan Bener dan Kricak Maju atau RTH Becak Maju. Rute ini diakhiri dengan titik akhir Museum Diponegoro. Meskipun terlihat panjang, rute ini tidak lebih panjang jika dibandingkan dengan Rute Romansa Kota Lawas. Rute Jajah Kampung Susur Sungai hanya sekitar 6 kilometer. Tentu akan seru jika menjelajahi rute ini bersama-sama teman atau keluarga, ya!

3. Rute Tilik Jero Beteng

Rute Tilik Jero Beteng memiliki panjang sekitar 8 kilometer. Jika diartikan dari bahasa Jawa, rute ini memiliki arti di dalam pagar Keraton Jogjakarta. Sama seperti namanya, jika Anda melewati rute ini akan ada banyak tempat dan destinasi menarik di pusat Kesultanan Yogyakarta yang bisa dieksplor. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah di Mata Air Belik Tanjung.

Bukan hanya itu saja, Anda dapat menyusuri rute Tilik Jero Beteng yang diawali dari Pasar Pakuncen dan memiliki titik akhir di Istana Atas Air Taman Sari atau Pesanggrahan. Saat menyusuri rute ini, Anda juga dapat singgah di Kanal Ikan Mina Julantoro atau di Kebun Sayur Ngudi Mulyo. Untuk menambah keamanan saat bersepeda, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker mulut.

4. Rute Jajah Kampung 2

Bersepeda di Jogja bukanlah suatu hal yang asing jika menyusuri jalan-jalan kota dengan bangunan kuno, seperti Balai Yasa, bengkel kereta api, Museum Wiratama, serta Makam Wijaya Brata. Sambil menyusuri bangunan-bangunan kuno tersebut, Anda dapat mengabadikannya dengan berfoto bersama pesepeda lainnya.

Rute ini diawali dari Museum TNI dan berakhir di Makam Wijayabrata. Sambil menyusuri rute, para pesepeda akan melewati Kampung Wisata Sentra Batik Jumputan yang menjual wayang karakter ke berbagai belahan dunia. Jika lelah bersepeda, Anda dapat beristirahat sambil menikmati keindahan alam di Embung Langensari dan juga di Taman Bakung.

Baca Juga:  Tabloid Remaja yang Tulisannya Menggunakan Aksara Jawa Diterbitkan
Foto : Ig @jogja.bike

5. Rute Taman Pintar

Jika Anda ingin mengunjungi dan berfoto di depan Gereja Gothic Sayidan yang pernah viral di internet, cobalah rute Taman Pintar. Rute ini akan melewati jalur wisata tempat-tempat wisata seperti Sentra Kerajinan Kulit Keparakan serta Taman Inspirasi Code.

Rute Taman Pintar dimulai dari Taman Pintar Sultan Agung dan berakhir di Taman Pintar II Tegalturi. Memiliki jarak sekitar 6 kilometer, rute ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi bersepeda santai di sore hari bersama teman atau keluarga. Selain untuk menikmati tempat wisata, Anda juga dapat sekaligus berolahraga sambil menyusuri rute ini. Tertarik untuk mencoba?

Memilih rute saat bersepeda memang penting. Rute tersebut juga biasanya dibuat untuk mengarahkan masyarakat ke jalur yang lebih aman. Jalur bersepeda di Jogja bisa Anda manfaatkan untuk bersepeda sekaligus mengunjungi tempat wisata yang menarik. Itulah lima rute bersepeda di Jogja yang telah kami rangkum di atas. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here