Yogyakarta Meraih Penghargaan sebagai Kota Terinovatif 2021

0
107
Foto : bappeda.jogjakota.go.id

KOTAJOGJA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja meraih penghargaan Innovative Government (IGA) Award tahun 2021 dalam Kategori Kota Terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Kategori ini sebagai apresiasi untuk pemerintah daerah yang dinilai melakukan inovasi dalam tata kelola pemerintah dan pelayanan publik.

Salah satu inovasi unggulan Pemkot Jogja yaitu pelayanan publik secara digital melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan gerakan Gandeng Gendong. Hal ini relevan terutama dalam merespon masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa inovasi Pemkot Jogja pada tahun 2020-2021 sebagian besar merespon kondisi pandemi dan beradaptasi untuk pemulihan sosial dan ekonomi. Beberapa inovasi Pemkot Jogja di antaranya print from home yaitu inovasi cetak dokumen perizinan secara mandiri melalui JSS, kegiatan belajar siswa secara online, aplikasi nglarisi untuk mendukung Usaha Kecil Menengah kuliner.

Kegiatan IGA 2021 diikuti 519 pemerintah daerah dengan 25.124 inovasi. Seluruh pemenang terbagi dalam kategori 5 provinsi terinovatif, 10 kota terinovatif, dan 10 kabupaten terinovatif.

Baca Juga:  Peneliti UGM : Senyawa dalam Buah Jeruk Berpotensi cegah Virus Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here