Pentingnya Kursi Kantor yang Nyaman untuk Mendukung Produktivitas

0
23
Foto : casaindonesia.com

Bekerja di kantor sangat erat kaitannya dengan duduk di belakang meja, menyelesaikan tugas, dan bepergian ke luar dalam waktu tertentu. Setiap hari, Anda melakukan rutinitas tersebut, mulai dari pagi hingga sore hari. Pertanyaan termudahnya, apakah kursi kantor yang Anda gunakan telah mendukung kesehatan dan kenyamanan selama bekerja?

Tak banyak yang menyadari bahwa peranti kantor satu ini sangat penting untuk menunjang produktivitas kerja setiap harinya. Alhasil, sering terdengar keluhan tubuh mudah lelah, terutama area punggung yang kerap terasa nyeri. Tidak hanya karena kurang minum atau terlalu lama duduk, tetapi juga disebabkan karena kursi yang tidak mendukung. Belum lagi dengan sederetan faktor lainnya, seperti pencahayaan ruangan, meja kerja, dan pencahayaan dari peranti elektronik yang dipakai.

Pentingnya Kursi Kantor saat Bekerja

Ketika memilih perlengkapan untuk kantor, termasuk kursi, harga selalu jadi aspek paling utama yang dipertimbangkan. Padahal, peranti kantor ini sangat penting bagi karyawan, bahkan bisa dikatakan sebagai aset yang tak tergantikan. Pasalnya, salah satu hal yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan karyawan saat bekerja adalah kursi kerja.

Kursi yang nyaman tentu akan membuat karyawan lebih nyaman bekerja, pada akhirnya hal ini akan berdampak pada peningkatan produktivitas para karyawan di kantor. Lalu, apa saja yang harusnya jadi pertimbangan ketika memilih kursi untuk kantor? Berikut beberapa di antaranya:

1.Ergonomis

Ergonomis menjadi istilah yang kerap dihubungkan dengan peralatan yang digunakan oleh anggota gerak tubuh. Ini termasuk ponsel, sepatu, alat tulis, dan kursi. Jadi, selalu pastikan bahwa kursi kantor yang dipakai telah memenuhi dan sesuai dengan aturan ergonomis tubuh.

Pasalnya, kursi kerja yang ergonomis tentu akan membantu mengurangi ketegangan otot bagian panggul dan punggung serta kelelahan berlebihan. Tubuh yang bebas rasa pegal tentu akan membuat kerja makin maksimal.

Baca Juga:  Pemda DIY akan Berwenang dan Bisa melayani tes Corona.

2. Terdapat Sandaran atau Tumpuan Kepala

Melepas lelah karena beban pekerjaan yang terasa tak ada habisnya sering dilakukan dengan menyandarkan kepala. Inilah mengapa kursi kerja Anda harus dilengkapi dengan sandaran yang bisa memberikan tempat yang nyaman untuk kepala. Bahkan, adanya sandaran ini direkomendasikan oleh pakar kesehatan, lho! Pasalnya, tekanan yang tinggi pada kepala dan bahu kerap berakibat pada sakit kepala dan pundak. Selain memiliki sandaran kepala, Anda juga sebaiknya melakukan relaksasi dan peregangan setiap dua jam selama 5 sampai 10 menit.

3. Memiliki Sandaran Lengan

Tak hanya sandaran kepala, kursi di kantor juga sebaiknya dilengkapi dengan sandaran untuk meletakkan lengan. Fungsinya tidak jauh beda dengan sandaran kepala, yaitu untuk meletakkan lengan sebagai bentuk relaksasi atau melepaskan ketegangan otot lengan yang terlalu lama dipakai untuk mengetik di atas keyboard komputer.

4. Memiliki Roda

Pasti rasanya melelahkan ya harus terus bangun dan duduk dari kursi setiap menit hanya untuk menuju meja sebelah atau mengambil alat tulis maupun perlengkapan yang sebenarnya letaknya tidak jauh dari meja kerja Anda? Inilah mengapa kursi kerja Anda disarankan memiliki roda. Meski begitu, pastikan roda pada kursi tidak mudah rusak, ya, karena memang masalah utama kursi kerja beroda ada pada rodanya.

5. Memiliki Bantalan Duduk yang Empuk

Setiap harinya selama lima hari kerja dalam satu minggu, Anda menghabiskan waktu untuk bekerja. Sebagian besar waktu tersebut Anda gunakan untuk duduk. Coba bayangkan, bagaimana jadinya jika kursi kantor Anda tidak dilengkapi dengan bantalan duduk yang empuk? Pasti sangat terasa tidak nyaman, ya! Padahal, bantalan kursi ini tidak sekadar berfungsi sebagai alas duduk yang nyaman, tetapi juga membantu mengurangi ketegangan otot bagian panggul.

Baca Juga:  Peneliti UGM : Senyawa dalam Buah Jeruk Berpotensi cegah Virus Corona

6. Bersifat Adjustable

Maksudnya, kursi kerja Anda bisa disetel naik dan turun sesuai dengan kebutuhan dan pastinya kenyamanan Anda saat bekerja. Biasanya, ketinggian kaki kursi yang tepat adalah sama tingginya dengan kaki Anda, jadi kaki tidak perlu menggantung atau justru harus terlipat karena kursi yang tidak terdapat fitur tersebut. Ini pastinya akan membuat Anda tidak nyaman saat bekerja karena kaki jadi mudah pegal dan peredaran darah pada bagian ini jadi tidak maksimal.

7. Sandaran Kursi Mengikuti Punggung

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa kebiasaan duduk memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap bentuk tubuh, terlebih pada bagian punggung. Artinya, apabila Anda terbiasa menerapkan posisi duduk yang baik, tentu bentuk tulang punggung pun akan menyesuaikan. Sebaliknya, posisi duduk yang kurang tepat akan membuat punggung mudah sakit, bahkan berpotensi mengakibatkan tulang punggung melengkung.

Namun, sebenarnya banyak sekali pilihan kursi kerja yang bisa membantu menunjang kenyamanan area punggung, kok. Anda hanya perlu memilihnya dengan cermat, jika memungkinkan, cobalah langsung dengan cara langsung mendudukinya. Memang benar, harga kursi kerja model ini terbilang cukup menguras kantong, tetapi tidak ada salahnya jika untuk menunjang kesehatan tubuh, bukan? Bekerja juga akan menjadi lebih nyaman tanpa harus mengeluh sakit punggung.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan saat memilih kursi kantor, pastikan Anda nyaman saat mendudukinya alias tidak terlalu sempit. Meski kursi yang Anda pilih memiliki harga yang menjulang, bagaimana jadinya jika Anda tidak nyaman saat mendudukinya? Jika belum memiliki gambaran kursi kerja yang tepat, cari saja referensinya melalui aplikasi atau website Blibli. Banyak sekali pilihan kursi kerja yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang Anda punya. Pastinya, belanja barang apa saja di Blibli lebih mudah dan praktis.

Baca Juga:  PSBB Jakarta Kedua, Kota Yogyakarta Perketat Akses Masuk Warga Luar Daerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here