7 Rekomendasi Wisata Populer di Kabupaten Kulonprogo

0
246
Foto : @agus.ftrnto

KOTAJOGJA.COM – Kulonprogo adalah salah satu Kabupaten di DIY yang berada di ujung barat dan terkenal dengan wisata alamnya yang belum banyak terjamah. Buat kamu yang sedang mengagendakan liburan berikut rekomendasi tempat wisata populer di Kulonprogo.

1. Menikmati Pemandangan Ketinggian Super Uwu di Kalibiru

Kalibiru adalah wisata andalan di Kulonprogo. Berlokasi di Dusun Kalibiru, Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta.Di sini kamu akan disuguhi pemandangan hamparan pepohonan hijau yang luas dengan waduk di tengah-tengahnya. Lokasinya yang di ketinggian membuat udara sangat sejuk. Tak hanya itu, buat kamu pecinta fotografi Kalibiru siap memanjakan kamu dengan beragam spot foto. Dijamin Instagram kamu cantik dan uwu! Untuk masuk ke tempat wisata Kalibiru pengunjung dipatok harga Rp 15.000 saja.

Foto : @aprilliatirahmat

2. Menanti Sunset yang Indah di Tepi Pantai Glagah

Berlokasi di Desa Glagah, Temon, Kulonprogo dan hanya berjarak beberapa kilometer saja dari bandara YIA. Pantai satu ini dikenal dengan batuan raksasa pemecah ombaknya. Di sana kamu bisa bersantai di tepi pantai menikmati deburan ombak, menyewa kapal untuk berkeliling laguna, atau berwisata kuliner di warung makan yang banyak tersedia. Batuan raksasa pemecah ombak juga menjadi spot favorit pengunjung untuk berburu foto Instagram worthy. Jangan khawatir soal oleh-oleh, karena terdapat pasar oleh-oleh di sepanjang jalan menuju kawasan batu raksasa pemecah ombak. Tiket masuk pantai Glagah sangat terjangkau yaitu Rp 5000 dengan retribusi parkir Rp 3000 untuk motor, Rp 5000 untuk mobil.

Foto : @imamwkwk

3. Menjajal Sepeda  Melayang di Pule Payung

Jika kamu pecinta ketinggian, pemburu spot foto instagramable, namun tetap ramah keluarga maka Pule Payung bisa jadi pilihan kamu. Berada di ketinggian kurang lebih 500 mdpl Pule Payung menawarkan panorama alam pegunungan Menoreh yang indah dengan lekuk waduk Sermo kian memanjakan mata. Sangat cocok untuk merefresh pikiran dari penatnya kerja. Kamu juga bisa berfoto ria di spot foto yang tersedia. Spot foto paling ikonik tentunya adalah spot Angkasa, Spot Jembatan Surga, dan Spot Sepeda. Harga tiket masuk Pule Payung Rp 10.000 dengan jam buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Baca Juga:  7 Air Terjun di Yogyakarta yang Segar dan Wajib Dikunjungi

4. Merasakan Segarnya Air Dwi Warna di Kedung Pedut

Kalau kamu pecinta wisata air, wajib untuk merasakan segarnya air pegunungan di Kedung Pedut. Berlokasi di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Keunikan dari Kedung Pedut adalah airnya yang dua warna yakni putih dan biru. Hal ini disebabkan batuan dasar Kedung Pedut yang sebagian besar batu kapur membuat warna air menjadi demikian. Kamu bisa berenang sepuasnya jangan khawatir karena tersedia penyewaan alat pengaman. Tiket masuk Kedung Pedut masih terjangkau. Rp 10000 untuk dewasa dan Rp 5000 untuk anak-anak.

Foto : @ajibdhaniarta

5. Bermain Air Sepuasnya di Air Terjun Kembang Soka

Air terjun ini berada di Kawasan Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta. Ciri khas dari air terjun Kembang Soka adalah airnya yang berwarna tosca kebiruan. Selain itu, di sepanjang aliran air terjun terdapat banyak kolam alami. Batuan air terjun dan dasar sungainya berwarna kekuningan, Tebing yang berada disisinya berwarna merah marun. Tiket masuk hanya Rp 1000  dengan parkir sepeda motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000.

Foto : @anton_ariyadi

6. Berburu Ketenangan di Grojogan Sewu

Masih bertema wisata air, Grojogan Sewu berlokasi di Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, menawarkan keindahan alami dari air terjun yang berada di tengah hutan. Walaupun di tengah hutan namun dipastikan aman. Sangat cocok buat kamu yang ingin mencari tempat untuk menenangkan diri dan rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Tiket masuk Grojogan Sewu sangat terjangkau yaitu Rp 4000 dan biaya parkir Rp 2000. Jika kamu mau berkunjung ke sini disarankan menggunakan sepeda roda dua karena akses untuk mobil cukup sulit.

Baca Juga:  Tebing Breksi, Dari Lokasi Penambangan Menjadi Incaran Wisatawan
Foto : @grojogansewu_kp

7. Berkeliling Kebun Teh Nglinggo

Tempat wisata satu ini tak boleh kamu lewatkan. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati hamparan kebun teh yang hijau sepanjang mata memandang. Berlokasi di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Biaya masuk kebun teh juga masih terjangkau hanya Rp 5000 saja kamu sudah bisa berjalan keliling kebun dan berfoto sepuasnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here