Rekomendasi Wisata Main Air di Yogyakarta

0
643
destinasi
Foto : @joeluluk

KOTAJOGJA.COM – Mumpung belum musim kemarau, sangat pas untuk memilih destinasi liburan bertema air, berikut 7 Rekomendasi Wisata Main yang Wajib Dicoba selama liburan.

Grojogan Watu Purbo

Grojogan yang unik ini berlokasi di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Keunikan dari air terjun satu ini adalah memiliki 6 tingkatan yang terbuat dari penahan lava Gunung Merapi di masa lalu. Untuk menikmati indahnya air terjun bertingkat ini pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk, hanya biaya parkir kendaraan. Sepeda Rp 2.000, motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000, dan bus Rp 20.000.

Foto : @yudawputra

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun ini berada di Kawasan Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta. Ciri khas dari air terjun Kembang Soka adalah airnya yang berwarna tosca kebiruan. Selain itu, di sepanjang aliran air terjun terdapat banyak kolam alami. Batuan air terjun dan dasar sungainya berwarna kekuningan, Tebing yang berada disisinya berwarna merah marun. Tiket masuk hanya Rp 1000  dengan parkir sepeda motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000.

Foto : @anton_ariyadi

Air Terjun Pulosari

Air terjun satu ini terletak di Desa Krebet, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Ciri khas dari air Terjun Pulosari adalah aliran air terjun yang menyerupai tirai. Ketika musim hujan debit air deras sehingga menambah keindahan tirai air terjun. Sayangnya di musim kemarau air terjun Pulosari akan mengering jadi disarankan untuk berkunjung saat musim penghujan. Pengunjung bisa menikmati permainan ekstrim seperti climbing dan rapling yang tersedia di bagian barat air terjun.

Foto ig : @doddy_jogja

Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun Luweng Sampang berada di Kabupaten Gunug Kidul, tepatnya berada di Desa Karangasem, Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul. Tinggi air terjun ini sekitar 5 meter dengan lebar 1,5 meter.Keunikan dari air terjun satu ini adalah adanya tebing batuan yang berornamen alami di sekeliling air terjun. Tebing batuan ini diklaim menyerupai Grand Canyon yang terkenal di Amerika Serikat. Untuk menikmati Grand Canyon ala Gunung Kidul ini pengunung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 2000  dan parkir Rp 5000.

Baca Juga:  Wisata Ekstrem di Jogja yang Wajib Dicoba Para Petualang
Foto : @joeluluk

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk diklaim sebagai air terjun tertinggi di Gunung Kidul dengan ketinggian mencapai 50 meter. Di air terjun ini pengunjung tidak hanya sekadar bisa menikmati keindahan air terjun saja, namun juga bisa menikmati air terjun sambal naik flying fox dan rafting. Tempat wisata ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu, pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Tiket masuk lokasi wisata dipatok Rp 15.000, jika ingin menaiki flying fox dipatok biaya Rp 30.000 dan body rafting sebesar Rp 35.000.

Foto ig : @hariad_23

Goa Pindul

Goa Pindul sangat populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berada di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Gunung Kidul berupa goa dengan aliran sungai bawah tanah. Panjang goa berkisar 300 meter dengan lebar sekitar 5 meter. Pengunjung bisa menikmati cave tubing yaitu menyusuri goa dengan naik ke atas ban dalam. Aliran sungai bawah tanah Goa Pindul sangat tenang dan memiliki debit air yang stabil di segala musim. Selama menyusuri sungai, pengunjung akan didampingi pemandu yang juga menceritakan sejarah Sungai dan Goa Pindul. Kamu bisa menyewa peralatan tubing di lokasi. Tiket masuk Goa Pindul Rp 10.000 saja sedangkan untuk sewa peralatan cave tubing dikenakan biaya Rp 40.000. Buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 17.00 WIB.

Foto : @goapindul.id

Pantai Glagah

Berlokasi di Desa Glagah, Temon, Kulonprogo dan hanya berjarak beberapa kilometer saja dari bandara YIA. Pantai satu ini dikenal dengan batuan raksasa pemecah ombaknya. Di sana pengunjung bisa bersantai di tepi pantai menikmati deburan ombak, menyewa kapal untuk berkeliling laguna, atau berwisata kuliner di warung makan yang banyak tersedia. Jangan khawatir soal oleh-oleh, karena terdapat pasar oleh-oleh di sepanjang jalan menuju kawasan batu raksasa pemecah ombak. Tiket masuk pantai Glagah sangat terjangkau yaitu Rp 5000 dengan retribusi parkir Rp 3000 untuk motor, Rp 5000 untuk mobil.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Murah di Jogja, Rekomendasi untuk berburu Foto Instagramable
Foto : @yani_yangni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here