Sultan mengatakan DIY sudah Memenuhi Syarat untuk New Normal

0
401
Foto : jogja.idntimes.com

KOTAJOGJA.COM – DIY disebut sudah memenuhi syarat untuk new normal atau kenormalan baru di masa pandemi Covid-19. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan DIY saat ini sebenarnya telah memenuhi syarat new normal karena tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang telah mencapai 70%. “Untuk new normal kan 50 persen, kita [DIY] sudah 70 persen. R0 sudah di bawah satu,” ujar Sultan, Selasa (2/6/2020).

Reproduction Number (RO) Coronavirus Disease (Covid-19) adalah indeks penyebaran Covid-19. RO di bawah 1 menjadi salah satu syarat penerapan new normal. Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan R0 Covid-19 di provinsi ini sudah menunjukkan di bawah 1 berdasarkan penghitungan dua pekan terakhir.

Meski DIY sebenarnya sudah memenuhi syarat new normal, tetapi Pemda DIY tidak mau gegabah karena R0 bukan satu-satunya indikasi. Menurut dia, persiapan menuju new normal harus benar-benar matang. Total kasus positif Covid-19 di DIY masih tetap 237 kasus, dengan 169 pasien telah sembuh. Adapun yang masih menunggu proses laboratorium yakni sebanyak 141 orang. Kemudian, PDP  meninggal menjadi sebanyak 20 orang.

Baca Juga:  Unit Layanan Paspor Bantul Kantor Imigrasi Kelas I Resmi Beroperasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here