20.400 Warga DIY akan Diskrining Corona dengan Rapid Diagnose Test RDT

0
1208
Foto : jogjapolitan.harianjogja.com

KOTAJOGJA.COM – Pemerintah terus berupaya menekan penyebaran wabah Covid-19. Salah satu caranya dengan melakukan Rapid Diagnose Test (RDT). Jika sebelumnya Pemda DIY menerima sebanyak 6.000 RDT, maka Sabtu (23/3/2020) Pemda DIY kembali menerima 14.400 RDT dari pemerintah pusat. Sehingga total RDT untuk DIY sebanyak 20.400.

Kit Rapid Diagnose Test (RDT)tersebut berguna sebagai alat skrining Corona massal, apakah gejala seseorang mengarah pada Corona atau tidak. apabila mengarah ke Covid-19, maka akan dilakukan tes swab Covid-19. Selain RDT Pemda DIY sebelumnya mendapatkan 1.000 alat pelindung diri (APD).

Pemerintah pusat kembali menambah 4.000 APD pada Sabtu ini. Tambahan bantuan dikirim melalui darat, oleh rekan Gugus Tugas Jakarta (Bahubda DIY). Sedangkan APD, lanjut dia, akan dibagikan kepada masing-masing rumah sakit rujukan menyesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas yang diidentifikasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY. “Stok APD dipastikan masih cukup sampai minggu ini. Adapun persediaan sarana medis yang menipis adalah sarung tangan panjang dan masker N95,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here