Warga Jogja Dihimbau Waspadai Serangan Tawon Vespa.

0
364
Foto : waspadaaceh.com

KOTAJOGJA.COM – Warga jogja dihimbau untuk berhati-hati saat menemukan saran tawon ini, jika perlu melapor pada Pemadam Kebakaran (Damkar) kota jogja segera ditangani. Kepala Seksi Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta, Mahargyo, menjelaskan sebenarnya untuk wilayah perkotaan, sarang tawon relatif lebih jarang ditemui ketimbang di wilayah desa.

Di wilayah perkotaan, Sarang tawon biasanya ditemui di permukiman. Jika warga menemukan sarang tawon yang terlihat bisa ditangani sendiri, maka sebaiknya ditangani sendiri dengan memperhatikan keamanan. Untuk meminimalisir kemungkinan tawon mubal saat sarang diambil, ia menyarankan pengambilan dilakukan malam hari. “Gunakan kain untuk menutupi sarangnya, lalu masukkan ke dalam karung bagor,” ungkapnya.

Tawon jenis Vespa affinis ini hidup di wilayah subtropis Asia antara lain Hongkong, Taiwan, Sri Lanka, Burma, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Selain itu, tawon jenis ini memiliki kemampuan untuk memasukkan racunnya ke tubuh manusia. Racun tersebut memiliki dosis yang berbeda tergantung dari jumlah tawon yang menyengat. Bila hanya satu atau dua tawon, dosisnya kecil, namun bila yang menyengat banyak jumlahnya maka dosisnya akan tinggi.

Baca Juga:  Ngejazz Tak Gentar "NgayogJazz 2020"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here