Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Wisata
Wisata > Wisata Kota > Museum Affandi

Museum Affandi

Lokasi: Laksda Adisutjipto 167 Yogyakarta 55281
"Menikmati Karya Lukis Sang Maestro Indonesia"

Museum Affandi

Affandi adalah salah satu kebanggaan Indonesia di bidang seni lukis dunia. Karya-karyanya sangatlah fenomenal dan mampu menjadi salah satu aliran seni lukis yang banyak diikuti para pelukis muda dunia.

Pria yang dikenal akrab dengan sarung sebagai fashion statementnya ini terlahir dengan nama Affandi Koesoema adalah pelukis dengan gaya ekspresionisnya. Melalui gaya lukisannya, pria perokok ini terkenal sampai mancanegara, bahkan di era 1950an beliau banyak melakukan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa dan Amerika Serikat. Karya lukisannya tercatat sudah lebih dari dua ribu lukisan.

Dedikasinya di dunia seni lukis membuat ayah dari Kartika ini banyak mendapatkan penghargaan di dunia seni lukis. Beliau mendapatkan gelar Grand Maestro dari Florence, Italia. Tahun 1977 beliau mendapat penghargaan Hadiah Perdamaian dari International Dag Hammershjoed selain itu beliau juga mendapat penghargaan menjadi anggota Akademi Hak-Hak Asasi Manusia dari Komite Pusat Diplomatic Academy of Peace PAX MUNDI di Castelo San Marzano Florence Italia

Tidak ketinggalan pula, di Indonesia beliau mendapatkan beberapa penghargaan Bintang Jasa Utama yang dianugerahkan oleh Pemerintah Indonesia tahun 1978 dan belia diangkat sebagai Anggota Dewan Penyantun ISI (Institut Seni Indonesia) di Yogyakarta.

Untuk merasakan jejak perjuangan beliau dalam dunia seni lukis secara langsung datang saja di Museum Affandi, selain menyimpan koleksi karya lukisnya, museum ini juga menampilkan aktifitas beliau di luar dunia seni lukis.

Museum Affandi tidak hanya memamerkan karya-karya beliau saja, karya para pelukis lain pun juga ada, selain itu alat transportasi yang dipakai beliau pun juga ada. Kompleks museum terbagi menjadi empat buah galeri dengan isi dan penataan yang memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda. (aanardian/kotajogja.com)

Museum Affandi
I Lokasi: Jl. Laksda Adisutjipto 167 Yogyakarta 55281 I Waktu Kunjungan:  Senin - Sabtu pukul 09.00 - 16.00 WIB (bulan puasa hanya sampai jam 15.00 ), Minggu dan hari libur Nasional lainnya Museum Affandi hanya buka dengan permintaan khusus I Tiket Masuk:  Wisatawan Asing Rp 50.000 (Free Softdrink dan Souvenir) dan Domestik Rp 20.000,-  (free softdrink) I Email: affandimuseum@yahoo.com I Webaite: www.affandi.org





Foto-foto Museum Affandi