Bersama Microsoft dan YCAB, DIY Wujudkan Rencana ‘Jogja Cyber Province’

0
963
M. Farhan, Secretary General YCAB Foundation; Rony Primanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DI Yogyakarta; dan Ruben Hattari, Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia di acara konferensi pers 'Realisasi Jogja Cyber Province'. Acara ini bertujuan untuk memberdayakan sumber daya manusia DI Yogyakarta dengan teknologi untuk menciptakan ekosistem yang mendukung terciptanya Jogja Cyber Province.

Pemda DIY tengah mengembangkan Program ‘Jogja Cyber Province’, sebuah program yang salah satu fokusnya yaitu mempersiapkan sumber daya manusia dengan pemanfaatan teknologi . Dalam merealisasikannya, Pemerintah menggandeng Microsoft Indonesia, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan Universitas Gadjah Mada.

Sekretaris Jendral Yayasan Cinta Anak Bangsa, Muhammad Farhan, dalam acara Realisasi ‘Jogja Cyber Province’ di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Selasa (16/5), menilai pentingnya kolaborasi antara tiga pilar penting, yaitu masyarakat madani, sektor bisnis, dan sektor pemerintahan diperlukan. Tanpa kolaborasi ini, tujuan menuju SDM berkualitas tinggi tidak akan terukur dengan baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, selama tahun 2016/2017, Microsoft Indonesia menggandeng YCAB meluncurkan program YouthSpark yang direalisasikan dengan serangkaian program dan kegiatan bagi pelajar dan pendidik di Yogyakarta, diantaranya Program Pelatihan Siap Kerja Berbasis TIK, Pelatihan Ilmu Komputer, Pelatihan TIK dan Penerapan Teknologi Dalam Konsep Pembelajaran Abad 21, dan Pengembangan dan penggunaan aplikasi E-Rapport.

Pemda DIY sendiri sejak tahun 2005 sudah mencanangkan program Jogja Cyber Province dalam layanan E-Government. Hingga kini sudah lebih dari 300 sekolah terhubung dalam suatu jaringan, dan Yogyakarta menjadi provinsi kedua di Indonesia yang masyarakatnya sudah terkoneksi dengan internet.