KOTAJOGJA.COM – Perbukitan Menoreh memiliki banyak potensi yang tersembunyi di balik rerimbunan pepohonan yang tumbuh berkembang di sepanjang gugusan bukitan ini. Seperti halnya yang digambarkan oleh SH Mintardja dalam novelnya Api di Bukit Menoreh, perbukitan ini masih menyimpan potensi yang bisa dikembangkan oleh penduduk yang mendiaminya dengan kekuatan lokal yang sesuai budaya yang masyarakat sekitar. Dibalik tingginya gugusan pegungunan seribu, Bukit Menoreh menampilan keindahananya berupa Grojogan Sewu Kulon Progo yang memiliki banyak trap atau tingkatan sehingga banyak orang menyebutnya Grojogan Sewu. Sebuah wahana wisata baru yang terletak di dusun Beteng, desa Jatimulyo, kec. Girimulyo, kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Suasana Di Grojogan Sewu Kulon Progo

Lokasi Grojogan Sewu Kulon Progo

Titik keberangkatan menuju lokasi ini kita mulai dari Tugu Yogyakarta untuk memudahkan menuju Grojogan Sewu Kulon Progo. Setelah itu perjalanan kita lanjutkan menuju arah Pasar Godean, setelah sampai disana terus saja hingga perempatan Kenteng.

Setelah sampai di perempatan Kenteng, ambil arah lurus saja menuju jalan menanjak, setelah itu menemukan tanjakan ringin (begitu menyebutnya). Ikuti jalan tersebut menuju Pasar Jonggrangan, setelah itu kita lurus aja, sebelum naik menuju Goa Kiskendo ada palang kecil disebelah kiri bertuliskan ‘Grojogan Sewu’. Ikuti jalan tersebut, tidak usah bingung banyak penunjuk arah memudahkan kita sampai lokasi.

Jalan Setapak Menuju Grojogan Sewu Kulon Progo

Perjalanan panjang penuh lika-liku terbayar sudah dengan keindahan Grojogan Sewu, di tempat ini kita bisa merasakan sambutan alam yang indah. Suara tongkerat saling bersahut-sahutan dengan deru suara keras air terjun yang membahana di sini. Jalan setapak yang mengantar kita disini pun masih alami dan syahdu bersatu dengan alam.

Sesampainya di bawah air terjun kita tetap menjaga konsentrasi karena medan yang terjal serta berbahaya bagi keselamatan pengunjung. Di sini kita bisa memilih tempat-tempat yang menurut kita enak untuk tempat duduk menikmati indahnya pemandangan dan suasanya Grojogan Sewu. (aanardian/kotajogja.com)