KOTAJOGJA.COM – Kota Jogja memiliki sapaan akrab Kota Gudeg, hal tersebut bukanlah sesuatu yang berlebihan. Cobalah kita tengok setiap sudut kota jenis kuliner ini selalu ada di setiap waktu dari pagi hingga larut malam.  Olahan kuliner dari Nangka Muda atau dalam bahasa jawanya disebut Gori sudah menjadi trade mark kota ini. Gudeg Yu Djum sebagai salah satu sentra gudeg legendaris di Jogja tentunya memiliki banyak pembeli yang tersebar di seluruh kota Jogja. Dengan membuka cabang di berbagai tempat hal ini membuktikan cita rasa yang dimilikinya sudah menjadi favorit warga Jogja dan tentunya wisatawan yang berkunjung di kota budaya ini.

Sajian Gudeg Yu Djum
Sajian Gudeg Yu Djum

Keunikan dari Gudeg Yu Djum ini adalah pemakaian resep yang dilakukan secara turun temurun hingga empat generasi hingga sekarang ini. Beliau sekarang berusia sekitar 78 tahun adalah ibu dari 4 orang anak, eyang dari 12 orang cucu dan eyang buyut dari 12 orang buyut. Semuanya bisa memasak gudeg khas mereka yang merupakan warisan.  Beliau  membuka warung gudegnya di mulai dari rumah beliau sendiri di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta.

Cita rasa khas gudeg olahan nenek 12 cucu ini tetaplah sama, manis, pedas serta memberikan sensasi gurih dan beraroma sedap dikarenakan beliau hingga sekarang tetap menggunakan cara-cara tradisional dalam memasak kuliner dari buah nangka ini. Mulai dari semua peralatan masaknya, sampai memasak dengan kayu bakar, serta bentuk dapur yang sederhana, masih dipertahankan. Tingkat kepanasannya pas, sehingga bumbu meresap ke dalam masakan, dan matang dengan sempurna.

Gudeg komplit masih menjadi menu andalah dari Gudeg Yu Djum hingga sekarang ini. Gudeg komplit yang terdiri dari  nasi, gudeg, sambel krecek, ayam, ati ampela dan telur rebus.  Apabila anda ingin memilih jenis menu sesuai keinginan anda pun bisa. Harganya pun tak terlalu mahal, antara Rp 6.000 hingga Rp 35.000 untuk makan di tempat.

Seporsi Nasi Gudeg Telur
Seporsi Nasi Gudeg Telur

Anda ingin menu Gudeg Yu Djum sebagai buah tangan buat keluarga di rumah? Tidak perlu berpikir, di sini sudah tersedia paket gudeg untuk buah tangan yang dikemas dalam besek atau kendil unik menarik. Variasi harga pun ada sehingga anda tidak bingung untuk memilihnya.

Mulai harga Rp. 35.000,- (paket hemat) hingga Rp. 180.000,-  (berisi lengkap gudeg, krecek, ayam 1 ekor dan telur 10 butir.) Olahan gudeg untuk paket buah tangan dapat bertahan hingga 2 hari, dan bisa lebih bila disimpa di dalam lemari es.

Lokasi Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum bisa dijumpai di 3 lokasi di Yogya, yaitu di Jalan Solo, Karangasem sendiri, dan Jalan Wijilan. Jika menemukan cabang lain yang menggunakan nama Yu Djum juga, maka bisa jadi itu adalah salah satu cucunya yang juga membuka rumah makan sendiri. (aanardian/kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Wijilan, Panembahan, Kraton, Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here