KOTAJOGJA.COM – “Yen Selo So’ Tutup” gambar tempel warna putih dengan kombinasi tulisan warna merah dan biru  yang ditempel di pintu masuk warung tersebut. Tempelan gambar tersebut menjadi ciri khas dari warung ini yang memilih tutup di setiap hari selasa sehingga sering menjadi plesetan yen seloso tutup (setiap hari selasa tutup).

Lokasi warung ini tidak jauh dari Masjid Kotagede atau Masjid Mataram, lebih tepatnya selatan dari pintu masuk masjid ini. Warung Sidosemi beralamat di Jalan Canteng Kotagede YK. Keberadaan warung ini menjadi hal menarik bagi penikmat kuliner jadoel di kawasan yang terkenal dengan sejarah arsitektur dan kerajinan perak. Jam operasional warung ini jam 10.00 – 17.00 WIB.

Suasana di Warung Sido Semi
Suasana di Warung Sido Semi

Bentuk bangunan dari warung ini lebih mirip dengan rumah tinggal tidak seperti warung makan yang di setting secara sengaja. Dengan jendela-jendela yang dibuka tidak utuh, serta adanya kicauan burung dalam sangkar membuat suasana warung ini seperti rumah pribadi yang menyenangkan.  Tata ruang warung ini sangat khas sekali, meja panjang, kursi panjang serta kursi bambu atau lincak. Meja panjang terhampar dengan menu-menu ringan seperti gorengan, peyek kacang serta krupuk serta tempatnya yang unik khas tempo dulu.

Seporsi bakso dan Es limun Sar Saparilla
Seporsi Bakso dan Es limun Sar Saparilla

Tidak banyak berubah dari menu makanan yang menjadi andalan dari Warung Sido Semi. Bakso, Es Kacang Ijo, Es Buah serta Es Limun Sar Saparilla buatan khas lokal Yogyakarta. Hal yang membuat beda dari es kacang ijo ini adalah rasa jahe yang begitu terasa hangat di tenggorokan. Es buah adalah koalisi dari nangka, nanas, camcau, kolang-kaling, cendol, dan tape yang ditambahi es serut dengan siraman sirup merah menjadikan rasa es ini lekat dengan kesegaran buah-buahan. Satu lagi jenis minuman Es Limun Sar Saparilla yang menghentakan dahaga dari tenggorokan kita semua. Bentuk botol yang unik dan serta cara membuka mengingatkan pada jaman baheula. Deretan lodong atau toples2 unik menghiasi meja sebagai tempat untuk makan ringan menjadi kan warung ini semakin terasa khas cirinya yang sesuai dengan kawasan dari warung ini yaitu kotagede. (konten: aan ardian/kotajogja.com)

Lokasi: Jalan Canteng Kotagede YK

Baca Juga:  Gudeg Sagan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here