Mengulas Keunggulan Realme 8i, Ponsel Gaming Harga Rp 2 Jutaan

0
127
Gambar : gadgetren.com

Sepanjang enam bulan pertama tahun 2021 lalu, Realme telah mengeluarkan beberapa tipe Realme seri 8, seperti Realme 8, 8 Pro, dan 8 5G. Ketiga seri tersebut semakin membuat pasar ponsel pintar Indonesia semakin ramai, terutama untuk penggemar ponsel dengan dukungan sistem operasi Android.

Selain itu, Realme turut merilis versi yang lebih ringan untuk seri angka yang dimiliki. Biasanya, seri ini diakhiri dengan huruf i. Seri yang dimaksud merupakan Realme 8i yang resmi rilis di Indonesia pada bulan September tahun 2021 lalu. Seri ini muncul untuk meneruskan seri Realme 7i yang lebih dulu rilis satu tahun sebelumnya.

Meski masih menggunakan jaringan internet 4G dan belum memperbarui pada jaringan 5G, sebenarnya hal tersebut bukan menjadi nilai jual utama dari Realme seri 8i. Lalu, apa yang menjadi nilai jual dari seri Realme ini?

Desain Menarik

Secara garis besar, ponsel Realme 8i punya desain yang lebih simpel. Bagian belakangnya dibuat glossy dan bisa memantulkan cahaya sekaligus menampakkan ornamen garis yang berkilau. Tak hanya itu, build quality ponsel ini juga bisa dibilang cukup baik. Padahal, bodi ponsel dibuat dari bahan plastik.

Ini karena ponsel Realme seri 8i tampak kokoh dan tidak mengeluarkan bunyi yang aneh saat Anda menggenggamnya cukup kuat atau meremasnya. Selain itu, ponsel ini juga tidak melentur apabila Anda mencoba untuk membengkokkannya. Terlebih lagi, Realme seri ini juga bisa Anda pakai meski sedang ditaruh di atas meja.

Bukan tanpa alasan, ini karena tonjolan pada bagian modul kamera ponsel tersebut tidak teramat besar. Sementara itu, berat dari ponsel ini juga hanya 194 gram dengan ketebalan sekitar 8,8 millimeter. Bisa dibilang, Realme 8i adalah ponsel yang ramping dan ringan.

Baca Juga:  Agar Pejalan Kaki Tidak Berpapasan, Tanda One Way Dipasang di Malioboro

Performa Luar Biasa

Selain desainnya, Realme seri 8i juga melakukan banyak pembaruan pada performa. Ponsel ini didukung dengan prosesor SoC Mediatek Helio G90 model terbaru, yaitu Helio seri G96 yang katanya tidak sekadar membuat performa ponsel meningkat. Dukungan prosesor terbaru ini juga membuat kinerja ponsel tersebut  jadi lebih stabil meski digunakan dalam waktu yang lama.

Dikatakan, prosesor Helio seri G96 bisa membuat kinerja ponsel Realme seri 8i 65% lebih mumpuni daripada Realme seri 7i yang telah rilis terlebih dahulu. Sementara itu, GPU yang digunakan pada mesin Helio G96 yaitu Mali-G57 MC2 yang sama dengan MediaTek Dimensity 700.

Hasil analisis berdasarkan laman AnTuTu dan GeekBench menyebutkan bahwa skor yang didapat untuk performa Realme tipe 8i masih dapat dikatakan bagus. Artinya, Anda tidak akan mengalami masalah saat melakukan multitasking atau sering membuka atau menutup aplikasi.

Kamera Depan yang Canggih

Berlanjut pada bagian kameranya, Realme 8i punya kamera depan beresolusi 16 MP dengan bukaan f/2.1. Hasil jepretan dari kamera tersebut sangat jelas meski Anda tidak menggunakan filter apapun. Tentunya, ini sangat menunjang kebutuhan Anda yang gemar mengumpulkan foto selfie atau merekam video tampak depan untuk keperluan konten.

Baterai yang Tahan Lama

Selain performa yang mumpuni, penikmat ponsel gaming tentu mencari perangkat yang memiliki baterai besar dan tahan lama. Faktanya, Realme tipe 8i juga telah memenuhi standar ponsel gaming yang punya baterai baik. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 5000 mAh.

Klaim dari pengembang adalah baterai tersebut mampu membuat ponsel tetap hidup hingga sehari penuh hanya dengan satu kali mengisi daya. Bahkan, saat mengatur ponsel tetap pada refresh rate maksimal atau 120 Hz, Anda masih tetap memiliki sisa daya untuk sisa hari. Tentunya, ini akan memudahkan Anda karena tidak harus repot mencari sumber daya atau membawa powerbank.

Layar Berukuran Besar

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 Perdana di DI Yogyakarta Dimulai.

Bagi Anda yang menyukai ponsel berlayar besar, Realme 8i bisa jadi pilihan yang tepat. Ponsel ini mengusung layar sebesar 6,6 inci yang dilengkapi dengan panel IPS LCD. Resolusinya sudah Full HD+ dengan kerapatan piksel sebesar 400 ppi. Tak hanya membuat tampilan lebih sempurna dengan level pencahayaan yang pas, ponsel Realme ini juga memiliki tingkat kecerahan yang pas.

Tak heran, ini karena Realme seri 8i punya tingkat kecerahan maksimal hingga 600 nit. Biasanya, layar yang punya kecerahan 500 nit sudah sangat cukup untuk digunakan saat berada di luar ruangan. Meski begitu, bukan hal tersebut yang membuat layar Realme tipe 8i sangat istimewa.

Ini tak lain dan tak bukan karena disematkannya teknologi refresh rate yang mencapai 120 Hz. Menariknya, hal ini menjadi yang pertama bagi pengembang. Pasalnya, Realme lebih sering menggunakan teknologi refresh rate 90 Hz untuk ponsel dengan harga yang bersahabat.

Refresh rate akan memungkinkan setiap pengguna mendapatkan gerak animasi gambar yang sangat sempurna. Disebutkan, Realme tipe 8i akan memilih pengaturan refresh rate dengan mengacu pada aktivitas yang dilakukan. Namun, terlepas dari semuanya, Realme 8i memang memiliki layar yang sangat apik, baik untuk mendukung aktivitas multimedia maupun bermain gim.

Selain itu, layar ponsel tersebut juga sangat responsif dengan adanya touch sampling rate 180 Hz. Tak ketinggalan, dengan adanya dukungan Widevine L1 yang membuat streaming video maupun menonton film di Netflix berkualitas HD pun memungkinkan.

Nah, jika Anda tertarik untuk membeli Realme 8i, cek kualifikasi lengkap dan harganya langsung melalui aplikasi dan website Blibli. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here