Perhatikan Hal Ini saat Memilih Pesawat Terbang untuk Liburan

0
99
Gambar : hurriyetdailynews.com

Kenyamanan yang ditawarkan oleh pesawat terbang sebagai alat transportasi menuju tempat liburan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Saat ini, pilihan pesawat terbang sangat banyak, salah satunya adalah Turkish Airlines yang sudah memiliki reputasi baik di masyarakat.

Meskipun transportasi terbang memiliki banyak kelebihan dibandingkan moda transportasi lain, jangan sampai asal pilih maskapai penerbangan karena bisa membuat liburan Anda menjadi tidak nyaman.

Sehingga, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting saat hendak pesan tiket pesawat. Mulai dari harga, fasilitas, dan keamanan yang diberikan pihak maskapai. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan ketika akan pesan tiket pesawat.

Cara Memilih Maskapai Penerbangan untuk Liburan

 

Harga Tiket Pesawat

Harga menjadi pertimbangan utama bagi sebagian orang. Menekan budget transportasi dan mengalihkan ke hal lainnya bisa membuat rencana liburan Anda lebih menyenangkan dan berkesan. Mungkin, Anda bisa memakai uang yang seharusnya untuk biaya tiket pesawat dan mengalihkannya ke hotel sehingga bisa mendapatkan penginapannya yang lebih nyaman.

Persaingan maskapai penerbangan membuat mereka memberikan harga terbaiknya. Terkadang, pihak maskapai juga memberikan promo bagi para penumpang. Anda bisa mencoba berburu tiket pesawat di tengah malam karena biasanya harganya lebih murah.

Harga murah tidak selalu memberikan kualitas dan pelayanan yang buruk. Jadi, tidak ada salahnya untuk memilih pesawat dengan harga tiket murah.

Lewat Traveloka, pesan tiket pesawat menjadi lebih mudah. Ada banyak promo dan diskon yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari promo untuk pengguna kartu kredit dan masih banyak lagi. Agar tidak ketinggalan informasi mengenai promo pesawat terbang, bisa berlangganan newsletter Traveloka.

Reputasi Pesawat Terbang

Reputasi pesawat terbang adalah hal yang harus Anda cek. Catatan perjalanan perusahaan maskapai pesawat terbang bisa Anda cari dari portal berita, apakah ada komplain serta lihat riwayat kecelakaan. Sebaiknya, untuk memilih maskapai penerbangan dengan riwayat kecelakaan paling minim agar keselamatan Anda lebih terjamin.

Baca Juga:  Sultan : Pemudik Wajib Isolasi Diri dan Dilarang Berkumpul dalam Kerumunan

Jika reputasi pesawat yang Anda baca sudah bagus, maka bisa dipastikan maskapai tersebut akan selalu memberikan pelayanan terbaik pada setiap penumpang.

Fasilitas dan Service yang Diberikan

Penerbangan yang memakan waktu lama akan sangat membosankan. Dengan begitu, pelayanan dari pihak maskapai sangat penting. Setiap maskapai penerbangan memiliki peringkat layanan pelanggan yang berbeda-beda. Ulasan pelanggan lain bisa Anda jadikan patokan untuk menilai maskapai tersebut.

Kemudian, perhatikan hiburan yang diberikan, seperti film, musik, dan lainnya. Terutama jika Anda membawa anak-anak terbang, hiburan yang ada di pesawat akan membantu Anda membuang waktu lama di pesawat. Apalagi jika handphone dimatikan.

Meskipun berlibur dan sudah mengajukan cuti, terkadang pekerjaan penting tidak bisa dihindari. Jika memerlukan Wi-Fi, maka pilih pesawat dengan fasilitas Wi-Fi di dalamnya. Saat ini, sudah banyak pesawat yang memberikan fasilitas ini, apalagi jika rute perjalanan membutuhkan waktu yang lama.

Desain Kursi Pesawat Terbang

Tidak banyak orang yang terlalu meributkan poin ini, namun beberapa lainnya menjadikan desain kursi pesawat terbang adalah hal yang penting. Biasanya, orang yang memiliki kaki panjang akan lebih memilih maskapai penerbangan dengan tempat duduk yang lenggang.

Ketika perjalanan menuju tempat wisata nyaman, dengan tempat duduk yang luas, liburan Anda akan lebih menyenangkan. Begitu pula sebaliknya, ketika masih di pesawat kaki Anda sudah pegal karena tempat duduk sempit, tentunya saat liburan akan lebih cepat lelah dan tidak bisa mengunjungi banyak tempat.

Tetapi, Anda dapat mengabaikan poin ini jika rute perjalanan udara tidak menempuh waktu lama.

Proses Check-in

Semakin fleksibel proses check-in yang diberikan pihak maskapai tentunya akan semakin baik. Saat ini, sudah banyak maskapai pesawat terbang yang memberikan proses check-in online, sehingga Anda tidak lagi harus antre di bandara.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di DIY Terus Menurun, Sehari 54 Kasus

Misalnya, Turkish Airlines yang menawarkan proses check-in lewat website resmi mereka. Cukup memasukkan kode booking dan detail lainnya, Anda sudah bisa cetak boarding pass.

Kebijakan Refund dan Reschedule

Meskipun Anda sudah mengosongkan jadwal dan mengambil cuti untuk liburan, namun tidak ada yang tahu jika tiba-tiba ada pekerjaan mendesak sehingga membuat Anda harus membatalkan tiket pesawat atau mengganti jadwal penerbangan.

Kebijakan refund dan reschedule bisa Anda baca di situs resmi mereka. Informasi ini juga bisa Anda dapatkan jika menggunakan agen travel, seperti Traveloka. Pelajari kebijakan refund dan reschedule setiap maskapai penerbangan dan pilih yang paling fleksibel. Anda juga harus paham tata cara refund dan reschedule maskapai tersebut.

Loyalty Program

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah loyalty program yang diberikan pihak maskapai penerbangan. Beberapa maskapai menawarkan berbagai program frequent flyer (FFP). Ini adalah sebuah program yang didasarkan pada poin atau biasa dikenal dengan miles.

Ketika Anda mengumpulkan sejumlah poin, maka dapat ditukarkan dalam bentuk diskon harga tiket pesawat pada penerbangan selanjutnya atau hadiah lain. Anda bisa melihat program menarik ini di situs resmi maskapai penerbangan.

Ada banyak hal yang harus direncanakan secara matang saat Anda hendak liburan dengan pesawat terbang. Hal yang utama adalah memilih maskapai penerbangan terbaik. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan hal-hal di artikel ini demi kenyamanan dan keselamatan Anda ketika akan berlibur menggunakan moda transportasi udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here