bantul
Foto : @roh_kyt

KOTAJOGJA.COM – Berencana untuk melepas penat dan merefresh pikiran? Bantul bisa menjadi salah satu alternatif untuk dikunjungi. Sudah jadi rahasia umum Bantul memiliki beragam tempat wisata popular yang tak hanya menarik untuk dikunjungi tapi juga instagrammable. Berikut rekomendasi wisata Populer di Kabupaten Bantul yang tak Boleh Dilewatkan.

1. Hutan Pinus Pengger

Wisata ini menawarkan panorama hutan pinus yang tak biasa. Terdapat akar-akar pinus yang disulap menjadi karya seni yang sangat indah dan Instagram worthy. Salah satu yang terkenal adalah spot tangan raksasa dan spot rumah indian. Di spot tangan raksasa ini pengunjung bisa melihat pemandangan kota Jogja yang indah apalagi di malam hari. Tiket masuk ke Hutan Pinus Pengger Rp 3000 dengan tarif spot foto mulai dari Rp 2000 saja.

Foto : @pinuspengger

2. Pantai Parang Tritis

Pantai yang satu ini sudah sangat populer dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kamu bisa bermain air sepuasnya, membangun istana pasir, mengendarai ATV, menyusuri garis pantai dengan kereta kuda, atau duduk-duduk santai menikmati pemandangan pantai yang menenangkan. Sore hari adalah waktu yang pas untuk berkunjung karena sunset yang eksotis siap memanjakan mata. Tiket masuk dipatok Rp 10000 saja.

Foto : @wisatapantaiparangtritis

3. Gumuk Pasir Parang Kusumo

Tak jauh dari Parangtritis, terdapat tempat wisata yang tak kalah populer yaitu Gumuk Parang Kusumo. Gumuk pasir ini biasa dijuluki gurun pasir Sahara ala Bantul Yogyakarta. Beragam spot foto instagrammable siap menanti kamu. Kamu juga bisa mencoba aktivitas seru dan menantang yaitu berseluncur dengan papan luncur. Pengunjung dikenakan biaya retribusi Rp 10000. Jika kamu ingin merasakan sensasi berseluncur, cukup membayar Rp 70000 untuk sewa papan luncur beserta pengamannya.

Baca Juga:  Puri Mataram, Wisata Rekomendasi Terbaru Untuk Keluarga
Foto : @dwiped

4. Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata satu ini sangat populer di kalangan wisatawan dan dijuluki Samudra di atas Awan Jogja. Dengan ketinggian sekitar 200 mdpl membuat udara di kawasan tempat wisata ini sejuk dan berkabut di pagi hari. Di sore hari, sunset yang syahdu juga tak kalah memanjakan mata. Tak hanya menyuguhkan pemandangan, Taman Buah Mangunan juga menawarkan wisata edukasi berupa kebun buah dengan beragam jenis tanaman buah. Kamu bisa berkunjung ke sini mulai dari pukul 04.30 hingga 18.00 WIB. Biaya retribusinya hanya Rp 5000.

Foto : @roh_kyt

5. Puncak Becici

Walaupun menawarkan wisata ketinggian, namun Puncak Becici berbeda dengan tempat wisata ketinggian yang lainnya. Di sini kamu bisa melakukan beragam akivitas seru. Kamu bisa berfoto di spot foto instagenic di spot-spot foro berlatar pemandangan hijau dan juga berlatar suasana kota Jogja. Tak hanya foto, kamu bisa berkemah dan mengikuti outbond yang dijamin seru. Jika kamu ingin berkeliling kawasan Puncak Becici namun tak ingin lelah, kamu bisa mencoba fasilitas jeep untuk berkeliling. Tiket masuk ke kawasan wisata ini terbilang murah. Perorang nya hanya sebesar Rp3.000 saja, dan biaya parkir kendaraan pribadi Rp 2000 untuk motor, Rp 5000 untuk mobil dan Rp 20000 untuk bus. Biasanya Kawasan wisata bukit pinus ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB. Namun karena pandemi jadwal buka berubah jadi setiap Hari Selasa-Minggu dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Foto : @antok_pict

6. Seribu Batu Songgo Langit

Buat kamu yang suka dengan nuansa negeri dongeng, Batu Songgo Langit bisa jadi pilihan tujuan liburan kamu. Letak Rumah Batu Songgo Langit berada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, kawasan yang terkenal dengan hutan pinus yang mengesankan. Bagi wisatawan yang ingin pergi ke sini, bisa mengarahkan kendaraan melalui jalan Imogiri. Beragam aktivitas dan spot foto siap menanti kamu. Ada flying fox, jembatan jomblo, rumah seribu kayu, taman tumpah, panggung alam dan salah satu yang terkenal adalah rumah Hobbit. Tiket yang dipatok Rp 3000 dengan biaya parkir Rp 2000.

Baca Juga:  Travelling Aman dan Nyaman di Jogja Selama Pandemi

Foto : @seribubatu_songgolangit

7. Puncak Kediwung

Masih bertema ketinggian, Puncak Kediwung juga harus masuk list tujuan liburan kamu. Menyuguhkan panorama keindahan pegunungan dengan lekukan sungai Oya yang eksotis. Beragam fasilitas mulai dari toilet, foodcourt, ayunan, hingga spot foto gratis siap menanti kamu. Tiket masuk Puncak Kediwung Rp 6000 saja kamu sudah leluasa berfoto di spot-spot yang tersedia.

Foto : @fajrul_15

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here