Inilah Alasan Mengapa Berdonasi Sangat Dianjurkan

0
56
Sumber : news.detik.com

KOTAJOGJA.COM – Sebagai makhluk sosial, berbagi kebaikan salah satunya melalui donasi online adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat manusia. Dengan berbagi kebaikan, kehidupan akan menjadi semakin damai dan sejahtera. Selain itu, dengan berbagi kebaikan akan membuat semakin banyak orang bisa merasakan kebahagiaan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Anda bisa memulai untuk berbagi kebaikan melalui hal-hal sederhana seperti berbagi senyum dan tawa, menghibur orang lain yang sedang dalam keadaan sakit atau susah, membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan tenaga, berbagi pengetahuan dengan ilmu yang Anda miliki, sampai memberikan bantuan berupa harta/materi kepada pihak yang memerlukan.

Dalam berbagi kebaikan, Anda bisa menggunakan apapun yang Anda punya, karena sekecil apapun kebaikan yang Anda berikan pasti akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Jika Anda mempunyai tenaga yang bisa disumbangkan, maka Anda bisa menggunakannya untuk membantu orang lain. Jika Anda memiliki ilmu yang bisa disalurkan, Anda juga bisa menggunakannya untuk membantu orang lain. Demikianpun jika Anda memiliki harta/materi yang berkecukupan, Anda juga bisa membaginya dengan orang lain yang membutuhkan.

Berbagi harta benda atau materi kepada orang yang membutuhkan biasa disebut sebagai sedekah atau donasi. Dengan bersedekah atau berdonasi dalam bentuk materi atau harta benda, berarti Anda memberikan sebagian dari harta/materi yang Anda miliki kepada pihak lain tanpa mengharapkan imbalan dengan maksud untuk membantu meringankan beban pihak lain tersebut sekaligus sebagai sarana untuk beribadah kepada Sang Maha Pencipta.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk berdonasi kepada sesama. Anda bisa berdonasi secara langsung kepada pihak yang membutuhkan ataupun melalui perantara seperti panti asuhan, panti jompo, atau melalui tempat-tempat ibadah. Selain itu, di zaman yang semakin modern ini, Anda juga bisa melakukan donasi online

Melalui berbagai platform yang saat ini telah banyak tersedia di dunia maya. Saat ini, telah banyak pihak atau lembaga yang membuka layanan donasi secara online untuk panti asuhan, panti jompo, korban bencana alam, dan sebagainya. Anda bisa dengan mudah menemukan pihak atau lembaga-lembaga tersebut misalnya melalui situs-situs donasi bahkan melalui beberapa e-commerce. Sebagai sebuah kegiatan positif yang dapat membantu meringankan beban sesama manusia, berdonasi sangatlah dianjurkan bagi Anda yang memiliki harta atau materi yang berkecukupan. Adapun beberapa alasan mengapa Anda harus mendonasikan sebagian harta/materi yang Anda miliki, antara lain:

  1. Banyak manusia di luar sana yang membutuhkan uluran tangan Anda

Dunia ini membutuhkan uluran tangan orang-orang baik yang mau dan mampu menyisihkan sebagian dari apa yang dimilikinya untuk membantu sesama umat manusia. Apapun dan berapapun donasi yang Anda berikan pasti memiliki arti yang sangat besar bagi keberlangsungan hidup orang-orang yang membutuhkan.

  1. Banyak fasilitas ibadah dan fasilitas sosial lain yang membutuhkan perawatan dan perbaikan
Baca Juga:  Jembatan Gondolayu Sampai Tugu Dijadikan Pedestrian, PKL Bakal Dipindahkan

Anda bisa mendonasikan sebagian dari harta/materi yang Anda miliki untuk membantu dalam pembangunan fasilitas ibadah dan fasilitas-fasilitas sosial lain yang mendukung kegiatan dan kemaslahatan umat, misalnya untuk memperbaiki bangunan panti jompo dan panti asuhan. Selain itu, donasi yang Anda berikan juga bisa digunakan untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh tempat ibadah dan fasilitas-fasilitas sosial tersebut. Pada intinya, donasi yang Anda berikan akan sangat membantu dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemaslahatan umat.

  1. Terdapat hak orang lain dalam harta/materi yang Anda punya

Pada dasarnya, sebagian dari harta/materi yang Anda miliki terdapat hak orang lain di dalamnya. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk membaginya dengan orang lain yang lebih membutuhkan. Selain bisa membantu meringankan beban orang lain yang membutuhkan, dengan berdonasi juga akan membuat harta/materi yang Anda miliki menjadi lebih berkah dan bermanfaat sehingga dapat menimbulkan kebaikan.

Yuk Berdonasi, dan Rasakan Dampak-Dampak Positif Berikut

Berdonasi merupakan kegiatan positif yang dapat memberikan dampak besar bagi kesejahteraan umat manusia. Dengan berdonasi, Anda bisa membantu meringankan beban orang lain yang membutuhkan. Selain itu, dengan berdonasi akan membuat kehidupan umat manusia menjadi lebih baik. Selain alasan-alasan di atas, terdapat banyak dampak positif yang bisa didapatkan jika Anda mendonasikan sebagian harta/materi yang Anda miliki kepada orang lain yang membutuhkan. Adapun beberapa dampak positif yang bisa dirasakan, antara lain:

  1. Memupuk rasa empati

Berbagi kebaikan, apapun bentuknya akan memupuk rasa empati yang Anda miliki. Banyak hal positif yang bisa Anda rasakan jika Anda memiliki empati yang tinggi. Dengan berempati, berarti Anda berusaha untuk memposisikan diri sebagai orang lain. Dengan demikian, Anda akan menyadari bahwa di luar sana terdapat banyak orang yang membutuhkan uluran tangan Anda. Dengan semakin terpupuknya rasa empati akan membuat Anda dapat dengan mudah mengulurkan tangan untuk membantu orang lain. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan kesenangan dan kepuasan tersendiri, baik secara emosional maupun secara spiritual yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan melalui cara lain.

  1. Mengurangi beban pihak yang menerima donasi

Berdonasi akan membuat Anda mendapatkan kesenangan dan ketenangan secara emosional dan spiritual. Sedangkan dari sisi penerima donasi, donasi yang Anda berikan akan dapat mengurangi beban yang dimiliki. Misalnya, ketika Anda berdonasi kepada korban bencana alam, apapun dan berapapun yang Anda donasikan bisa membantu mempercepat pemulihan luka fisik maupun batin korban bencana alam tersebut.

  1. Sebagai sarana untuk melatih kedermawanan
Baca Juga:  Sambut New Normal, Buku Tamu Digital Disiapkan bagi Pengunjung Alun-alun Utara.

Pada dasarnya, kecukupan harta/materi merupakan titipan dari Sang Maha Pencipta yang harus selalu disyukuri. Salah satu bentuk rasa syukur atas hal tersebut adalah dengan berbagi kepada orang lain, misalnya melalui donasi. Dengan rajin berdonasi akan dapat melatih Anda menjadi manusia yang dermawan sehingga Anda akan lebih terbiasa untuk berbagi dan bersyukur atas nikmat harta/materi yang Anda miliki.

  1. Membersihkan harta

Seperti diketahui bersama bahwasanya dalam harta/materi yang Anda miliki terdapat sebagian hak orang lain di dalamnya, yaitu orang-orang yang membutuhkan. Dengan membantu orang-orang yang membutuhkan melalui donasi, selain bisa meringankan beban orang-orang tersebut, juga dapat membersihkan harta yang Anda miliki sehingga harta yang Anda miliki menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

  1. Menghapus dosa

Sebagai manusia biasa, tentunya tidak pernah terlepas dari dosa. Dan seperti diketahui bersama bahwasanya seiring bertambahnya dosa, maka akan mengurangi kebaikan yang dimiliki oleh manusia. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi manusia untuk menambah nilai kebaikan dan menghapus dosa yang pernah diperbuat. Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menghapus dosa dan menambah nilai kebaikan adalah dengan bersedekah. Bersedekah sangat banyak macamnya, salah satunya adalah donasi. Donasi merupakan bentuk sedekah yang sangat dianjurkkan oleh agama. Donasi yang Anda berikan kepada pihak yang membutuhkan akan dapat mengikis dosa-dosa yang pernah diperbuat di masa lalu.

  1. Menambah pahala

Seperti diketahui bersama bahwasanya berbagi kebaikan dengan sesama juga akan mendatangkan kebaikan bagi pihak yang berbagi. Demikianpun saat Anda berdonasi, Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat karena Anda telah berbagi kebaikan dan membantu meringankan beban yang diderita oleh orang lain.

  1. Menjadi lebih dekat dengan Sang Maha Pencipta

Berbagi kebaikan seperti berdonasi merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan oleh agama. Sebagai salah satu perintah agama yang sangat dianjurkan untuk dilakukan, dengan berdonasi akan membuat Anda menjadi lebih dekat dengan Sang Maha Pencipta. Atau dengan kata lain, donasi bisa dijadikan sebagai sarana ibadah yang mampu membuat diri menjadi lebih dekat dengan kedamaian.

  1. Mempererat hubungan dengan orang lain

Dengan rajin berdonasi akan meningkatkan nilai hubungan Anda dengan orang lain yang menerimanya, baik secara emosional maupun secara spiritual. Artinya, saat Anda berbagi kebaikan dengan orang lain, orang tersebut akan merasa senang dengan kehadiran Anda. Hal tersebut nantinya juga akan memberikan dampak positif bagi Anda sebagai pemberi donasi, karena jika Anda gemar menolong sesama, maka suatu saat ketika Anda mengalami kesusahan, orang-orang tersebutlah yang kemungkinan akan membantu Anda.

Baca Juga:  Desa Wisata Nglanggeran Raih Penghargaan Tingkat ASEAN

Ingin Berdonasi Secara Online? Yuk, Ketahui Manfaatnya

Sebagai kegiatan yang dapat memberikan banyak dampak positif, berdonasi tentu merupakan hal yang sangat dianjurkan. Anda bisa memberikan donasi kepada siapa saja yang membutuhkan, baik secara langsung maupun melalui pihak atau lembaga-lembaga tertentu. Selain itu, di zaman yang semakin modern ini, Anda juga bisa berdonasi secara online. Dengan berdonasi secara online, selain bisa mendapatkan dampak-dampak positif di atas, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut.

  1. Anda tidak perlu mendatangi lokasi atau pihak penerima donasi

Melalui donasi online, Anda tetap bisa berbagi tanpa harus mendatangi pihak yang bersangkutan secara langsung, terutama jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu dikarenakan urusan-urusan lain. Dengan demikian, Anda tetap bisa berdonasi di tengah-tengah kesibukan Anda.

  1. Anda bisa berdonasi untuk tempat yang jauh

Dengan berdonasi secara online, Anda bisa melakukan kegiatan donasi yang nantinya akan disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan namun memiliki tempat/lokasi yang jauh, misalnya saja untuk korban bencana alam. Saat ini, terdapat banyak pihak atau lembaga yang mengelola dana hasil donasi yang nantinya disalurkan untuk korban-korban bencana alam maupun pihak-pihak lain yang membutuhkan. Anda bisa berdonasi melalui pihak atau lembaga-lembaga tersebut secara online.

  1. Anda bisa berdonasi menggunakan uang elektronik

Jika Anda berdonasi dengan mendatangi lokasi atau pihak yang bersangkutan secara langsung, kemungkinan Anda akan membutuhkan uang cash. Namun, berbeda halnya jika Anda melakukan donasi secara online. Dengan berdonasi secara online, Anda bisa menggunakan uang elektronik. Hal tersebut tentunya akan membuat kegiatan donasi Anda menjadi lebih mudah dan praktis.

Saat ini, terdapat banyak pihak atau lembaga yang membuka layanan donasi secara online dengan menyediakan situs-situs website yang dapat Anda akses dengan sangat mudah. Bahkan, sebagian dari pihak atau lembaga tersebut juga telah memiliki aplikasi tersendiri yang dapat diakses melalui smartphone. Selain melalui situs-situs tersebut, saat ini banyak pihak atau lembaga penyalur dana donasi terpercaya yang membuka layanan donasi melalui beberapa e-commerce.

Dengan demikian, Anda tinggal memilih platform mana yang paling sesuai. Jika Anda berdonasi melalui platform-platform tersebut, jangan lupa untuk tetap memperhatikan dan memastikan bahwa pihak atau lembaga yang membuka layanan donasi pihak atau lembaga resmi dan terpercaya, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here