2 Tanaman ini Sedang Diteliti LIPI jadi Antivirus Corona

0
1011
Foto : ternate.tribunnews.com

Hingga kini obat dan vaksi antivirus COVID-19 masih diteliti. Di Indonesia sejumlah pihak juga ikut melakukan pengembangan anti-Virus Corona. Virus SARS-CoV-2 termasuk jenis virus baru yang bersifat dinamis. Oleh sebab itu, belum ada formula obat atau vaksin yang terpat untuk mengobati virus ini yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kandidat obat untuk COVID-19 yang sedang diteliti banyak peneliti juga berasal dari berbagai tanaman, mikroorganisme, maupun biota laut. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) melalui Pusat Penelitian Kimia mencoba mengembangkan ekstrak daun ketepeng badak (Cassia alata) dan benalu (Dendrophthoe sp.), sebagai obat herbal antivirus COVID-19.

Terkait penelitian dan pengembangan potensi obat herbal ini, Peneliti Bidang Farmasi Kimia Pusat Penelitian LIPI, Marissa Angelina menyebutkan, langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada pasien COVID-19 terbatas pada tindakan preventif dan suportif. Serta, tanaman yang mengandung komponen utama flavonoid dan flavonoid glikosida yang banyak dilaporkan sebagai zat aktif utama sebagai antivirus.

Baca Juga:  Ini Penyebab Tingginya Harga Tanah di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here