Ini Prediksi Awal Musim Kemarau di Jogja

0
367
Foto : jogja.tribunnews.com

KOTAJOGJA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Staklim Mlati Yogyakarta memprediksi awal musim kemarau di DIY umumnya jatuh pada Mei. Kabupaten Gunungkidul diperkirakan memasuki kemarau terlebih dahulu dibanding daerah lainnya. Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Etik Setyaningrum, mengatakan Gunungkidul bagian selatan akan memasuki kemarau sekitar akhir April hingga awal Mei 2020.

Saat ini hingga Mei, kata dia, DIY memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau. “Secara umum kondisi rata-rata cuaca harian, di pagi hingga siang hari kondisi cerah berawan dengan suhu berkisar 30 sampai 33 derajat celsius. Potensi terjadinya hujan kategori sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi muncul di wilayah DIY terutama siang dan sore.

Kepala Staklim Mlati Yogyakarta, Reni Kraningtyas, mengatakan jika potensi cuaca ekstrem tersebut dipicu oleh keberadaan Madden Julian Oscillation (MJO) berada pada fase tiga dan pola tekanan rendah masih cukup aktif di selatan Pulau Jawa dan Australia bagian Utara.

Baca Juga:  Pemkot beri Peringatan : Malioboro Ditutup, jika Dua Hari Masih Ada Pelanggaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here