Parkir Bandara Adisutjipto bakal Dibangun jadi Park and Ride

0
1915
Photo by : ekbis.sindonews.com

KOTAJOGJA.COM – Pemda DIY akan segera memanfaatkan kembali lahan parkir depan Bandara Adisutjipto yang telah habis masa sewa oleh PT Angkasa Pura pada Maret 2020. Lahan tersebut rencana akan dibangun Park & Ride sebagai salah satu titik perpindahan atau transfer poin calon penumpang pesawat yang melalui Yogyakarta Internasional airport (YIA).

Menurut Gubernur DIY sudah memberikan lampu hijau pemanfaatan lahan tersebut. Selain untuk menunjung akses menuju YIA sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas agar tidak banyak angkutan masuk ke kota. Fasilitas mungkin ada penginapan (hotel), co working space, warung toko, restoran, integrasi ke city check in ke YIA. Pembangunan fasilitas ini tidak harus menggunakan APBD melainkan bisa melalui proses investasi melibatkan pihak swasta.

Oleh karena itu dalam jangka pendek harus segera dibuat sistem koneksi sehingga masyarakat tertarik menggunakan angkutan umum menuju YIA. Bentuk koneksi itu seperti pentingnya informasi di hotel atau penginapan tentang informasi menuju YIA, termasuk detail titik transportasi dan jadwal kereta bandara. Parak and Ride ini sekaligus menjadi transfer poin, Tapi harus dimintakan izin pemilik (Pemda DIY).