Pemkot Jogja berencana Bangun Pusat Perbelanjaan Bawah Tanah di Kridosono.

0
477
Foto : jogja.co

KOTAJOGJA.COM – Pemerintah Kota Jogja bakal menata kawasan Kotabaru menjadi lebih ramai. Penataan itu sejalan dengan rencana PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengubah Stasiun Lempuyangan, Jogja, menjadi pusat bisnis. Stadion Kridosono, salah satu landamark Kotabaru, akan dijadikan bulevar. Sejumlah fasilitas seperti parkir dan pusat perbelanjaan bawah tanah akan dibangun di tempat itu.

Proyek besar tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, Heroe belum bisa memastikan kebutuhan pastinya. Lahan parkir di Stadion Kridosono akan dipakai untuk menampung kendaraan wisatawan atau khalayak yang mengungjungi Kotabaru. Penataan Kotabaru adalah proyek besar Pemkot Jogja untuk menjadikan kawasan tersebut destinasi wisata heritage. Pemerintah mengajak masyarakat setempat untuk terlibat aktif menonjolkan bangunan-bangunan berarsitektur Indies yang banyak berdiri di Kotabaru.

Saat ini, penataan Kotabaru baru sampai tahap pemugaran trotoar di Jalan Suroto. Selanjutnya, trotoar di Jalan Jenderal Sudirman juga akan diperbaiki. Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Jogja Agus Tri Haryono mengatakan material untuk trotoar di Jalan Jenderal Sudirman akan menyesuaikan dengan Jalan Suroto.

Ruas Jalan Jenderal Sudirman yang akan ditata dimulai dari simpang empat Gramedia hingga simpang tiga Jembatan Gondolayu. Sejumlah pot yang saat ini menjadi pembatas di sisi terluar trotoar akan dihilangkan, tetapi pohon perindang tetap akan dipertahankan. “Tentunya, kami ingin menguatkan citra kawasan di Jalan Sudirman agar semakin dinamis namun tetap seimbang,” kata Agus.

Baca Juga:  Potensi Jumlah UMK Kota Yogyakarta Tembus Rp 1,572 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here