Tahun Depan Kawasan Tugu Jogja Bebas dari Kabel Bergelantungan.

0
1231
Foto : kebudayaan.kemdikbud.go.id

KOTAJOGJA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berencana mempercantik kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta atau yang dikenal dengan Tugu Jogja. Rencananya 2020 mendatang Pemkot Yogyakarta akan memindahkan seluruh kabel fiber optik (FO) dan PLN di kawasan tersebut ke bawah tanah.

Ducting merupakan proyek memindahkan saluran kabel fiber optik (FO) dan PLN yang masih memakai sistem kabel udara dengan tumpuan tiang ke bawah tanah. Proyek ini disebut Agus untuk mempercantik wajah Kota Yogyakarta. Pemkot Yogyakarta tengah mengebut proyek ducting di Jalan Jenderal Sudirman yang dijadwalkan rampung pada Senin (22/12) mendatang. Namun, proyek ini hanya untuk memindahkan kabel FO saja, tidak untuk kabel PLN.

Proyek ducting di Jalan Jenderal Sudirman ini dimulai dari simpang empat Gramedia hingga Jembatan Gondolayu. Sementara untuk tahun depan proyek ini akan dilanjutkan ke Jalan Diponegoro, Jalan Mangkubumi, dan Jalan AM Sangaji. Proyek ducting di kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta akan berbeda dengan proyek ducting di Jalan Jenderal Sudirman. Jika di Jalan Jenderal Sudirman proyek ducting masih menyisakan kabel PLN, maka di kawasan Tugu semua kabel akan diturunkan.