Ribuan Burung dari Luar Negeri bermigrasi di Bantul dan Kulon Progo.

0
978
Foto : kabar-jogjakarta.blogspot.com

KOTAJOGJA.COM – Ribuan burung dari luar negeri bermigrasi di Yogyakarta, tepatnya di laguna Trisik dan muara Sungai Progo. Jenis burung paling banyak adalah burung laut jambul (Thalasseus bergii) dan cerek kernyut (Pluvialis fulva). Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA DIY Untung Suripto menjelaskan pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar Laguna Trisik dan muara Sungai Progo untuk tidak mengganggu burung-burung migran tersebut.

Selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga memasang berbagai spanduk pemberitahuan di beberapa titik lokasi. Selain itu BKSDA juga telah berkoordinasi dengan Polsek Galur, Kulonprogo dan Polsek Srandakan, Bantul. Menurut dia burung migran ini mulai bermigrasi dari Rusia, Alaska dan beberapa negara Rusia utara sejak September. Biasanya pada maret sudah mulai kembali bermigrasi. Konsentrasinya paling banyak di sekitar laguna Trisik.

Kepala BKSDA Yogyakarta Muhammad Wahyudi mengimbau agar tidak ada lagi yang melakukan perburuan terhadap burung-burung migran tersebut. Jika masih ada yang melanggar, pihaknya tidak segan-segan menerapkan sanksi sesuai UU No 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Baca Juga:  PKL Malioboro sudah Kembali Berjualan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here