Begini Spesifikasi Lengkap Becak Listrik Jogja yang Bakal Diproduksi Massal

0
477
Foto : regional.kompas.com

KOTAJOGJA.COM – Becak Listrik bakal segera diproduksi massal di jogja. Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Raharjo menjelaskan untuk segera memprodukasi secara massal becak listrik setelah mendapatkan legalitas dari pusat. Pihaknya mengapresiasi DPRD DIY yang sudah meminta Dinas Perhubungan untuk segera menyiapkan anggaran kelanjutan di 2020.

Sebelumnya Kemenhun memberikan dukungan terhadap Pemda DIY terkait penggunaan becak kayuh dengan tenaga penguat alternatif. Rekomendasi itu sebagai respons atas surat yang dikirim Gubernur DIY pada 26 Juli 2019 lalu. Produksi becak ini harus menyesuaikan dengan standar hasil kajian Pusat Studi Inovasi Otomotif UGM. Terdiri atas spesifikasi bodi becak dengan panjang tidak lebih dari 2,4 meter, lebar maksimal 1,3 meter, kemudi harus mampu berputar hingga 45 derajat.

Sedangkan untuk daya tambahan yang direkomendasikan, motor listrik tidak boleh lebih dari 1,5 Kw, ketika becak dikayuh atau dijalankan tanpa daya listrik, maka motor listrik tidak boleh ikut berputar. Tegangan motor listrik tidak boleh lebih dari 60 V. Sigit menambahkan, prototipe becak yang disediakan cukup satu yang sudah dibuat oleh UGM, hal ini sesuai dengan spesifikasi yang diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan rekomendasi.

Baca Juga:  Penerimaan Pegawai Kontrak Non PNS Pemda DIY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here