Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat

0
961

Bosan ngopi di café? Coba sesekali mampir ke kedai kopi menoreh Pak Rohmat yang berada di Samigaluh, Kulon Progo. Berbeda dengan kedai kopi yang berada di tengah perkotaan dan bising dengan kendaraan yang lalu lalang, kedai kopi ini memberikan pengalaman yang berbeda bagi penikmat minuman sejuta umat ini.

Berada di tengah rimbunnya pepohonan bukan berarti kedai ini sepi pengunjung, bahkan sebaliknya. Tidak sedikit juga para pecinta kopi yang rela datang jauh-jauh untuk sekedar menikmati kopi khas menoreh racikan Pak Rohmat.

Kedai kopi ini terletak di kawasan perbukitan Menoreh tepatnya di Dusun Madigondo, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jika dari pusat Kota Yogyakarta, kedai kopi pak rohmat bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Kedai kopi yang dirintis sejak 2010 ini bermula dari pemilik kedai, Pak Rohmat, yang bekerja sebagai kuli bangunan memiliki kebiasaan mengolah biji kopi yang ada di kebunnya. Kemudian biji kopi olahannya itu ditawarkan kepada teman-temannya dan tidak disangka ternyata banyak yang menyukai kopi racikannya. Dari sinilah bisnis kopi menoreh Pak Rohmat mulai berkembang bahkan sampai terkenal keluar daerah.  Akhirnya, mengikuti saran dari koleganya, Pak Rohmat membuka Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat.

Selain menjual berbagai macam kopi, kedai ini juga menjual berbagai macam camilan khas pedesaan seperti singkong rebus, kacang rebus, mendoan, geblek, dan pisang goreng. Ada juga aneka makanan berat seperti nasi sayur lompong, rica-rica entog, ayam kukus, pindang dan sebagainya.

Kopi yang dihasilkan merupakan hasil roasting yang dilakukan Pak Rohmat sendiri. Terlihat di depan rumahnya terdapat mesin roasting sederhana yang biasa digunakan untuk mengolah biji kopi pilihan.

Baca Juga:  Panties Pizza

Tidak hanya menikmati secangkir kopi panas, tamu yang datang juga bisa berkeliling kebun kopi Pak Rohmat sambil menikmati pemandangan yang indah. Bagi yang ingin tahu lebih banyak soal kopi, Pak Rohmat bersedia untuk mengantarkan tamu yang datang dan menjelaskan pemrosesan kopi di kebunnya. Tamu pun bisa ikut serta dalam proses tersebut, mulai dari penanaman pohon, pemetikan dan pemrosesan biji, sampai menyeduh kopi sendiri.

Segarnya udara pegunungan, hijaunya pepohonan, hangatnya secangkir kopi, tidak lupa camilan-camilan sederhana membuat kedai kopi Pak Rohmat memiliki banyak pelanggan setia. Bahkan ada juga para traveler yang datang dari luar negeri singgah untuk memenuhi rasa penasaran mereka pada kedai kopi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here