Meriah, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta Diikuti Ribuan Peserta

0
133
Lebih dari 1900 peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta bersiap di Sleman City Hall, Minggu (3/11) untuk berlomba memperebutkan hadiah senilai ratusan juta rupiah, serta hadiah utama Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang.

Yogyakarta, 3 November 2019 – Kompetisi fotografi paling akbar se-Indonesia dan Asia, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 kembali hadir di Kota Pelajar, tepatnya di Sleman City Hall, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pesta fotografi yang rutin digelar tiap tahunnya ini selalu menjadi daya tarik dan dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari Yogyakarta, acara ini diramaikan peserta dari berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera. Selain memperebutkan hadiah total senilai ratusan juta rupiah serta trip foto klinik ke destinasi wisata dalam dan luar negeri, ajang Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 ini menjadi tempat berkumpul dan bersilaturahmi dengan rekan pehobi fotografi dari berbagai daerah.

Meskipun acara berlangsung dari pagi hingga sore hari, namun para peserta terlihat begitu bersemangat sepanjang acara. Tidak hanya fotografer senior, terlihat fotografer cilik yang ikut bergabung di kompetisi Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 ini untuk Kategori Pelajar. Adanya Kategori Pelajar yang diperuntukkan bagi siswa duduk di bangku SD/sederajat hingga SMA/sederajat memberikan kesempatan untuk mereka bisa berkompetisi dengan rekan-rekan sebayanya.

“Fotografi tidak hanya milik orang dewasa. Fotografi untuk semua kalangan, pria dan wanita, tua dan muda, profesional dan mereka yang masih belajar. Kategori pelajar di Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 memberikan kesempatan generasi muda untuk mengasah bakat fotografinya dan memunculkan bibit unggul di dunia fotografi. Tidak hanya hadiah menarik senilai ratusan juta rupiah, peserta juga disuguhi aneka hiburan dan seni, serta sharing ilmu fotografi dari fotografer-fotografer profesional,” ujar Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip.   

Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip (ke-6 dari kiri), Eiichi Udagawa – Vice President, Canon Regional Headquarter (ke-7 dari kiri), Hiromu Akiyama – Marketing Manager, Canon Regional Headquarter (ke-5 dari kiri) beserta Dewan Juri dan para pembicara sesi ProTalk membuka acara Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 –Yogyakarta yang digelar di Sleman City Hall, Daerah Istimiwea Yogyakarta, (3/11).

Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta resmi dibuka oleh Merry Harun – Canon Division Director, pt. Datascrip didampingi Eiichi Udagawa – Vice President Regional CII Product Group Canon Singapore Pte. Ltd, Hiromu Akiyama – Marketing Manager Regional CSP Sales & Marketing Division Canon Singapore Pte. Ltd bersama para juri dan fotografer pembicara seminar. Dalam sambutannya, Merry Harun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta dan penggemar fotografi di tanah air yang setiap tahun senantiasa menantikan dan antusias mengikuti Canon PhotoMarathon Indonesia.

Lomba yang terbagi dalam dua kategori ini, yaitu Kategori Umum dan Kategori Pelajar, berlangsung dalam tiga sesi dengan tiga tema lomba berbeda. Setelah tata tertib dan peraturan dibacakan, panitia langsung mengumumkan tema 1, yaitu Segar. Setelah waktu hunting untuk sesi tema 1 habis, panitia mengumumkan tema 2, yaitu Garis Unik, dilanjutkan dengan sesi terakhir yang mengusung tema Kekayaan Indonesia. Dengan waktu yang terbatas, para peserta ditantang kreativitasnya untuk mengekspresikan masing-masing tema lewat bidikan foto terbaiknya.

Peserta langsung memberikan satu karya foto terbaiknya pada masing-masing tema. Semua foto yang masuk dan sesuai dengan ketentuan lomba langsung dinilai oleh dewan juri, yaitu Roni Bachroni, Ir. Nursanto, Mas Agung Wilis Yudha Baskoro, WS. Pramono, Michael Sidharta dan Agus Nonot Supriyanto. Mereka merupakan fotografer profesional dari beragam genre fotografi.

Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip (tengah) berfoto bersama para pemenang, dewan juri dan pembicara Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta. Terpilih sebagai juara umum adalah Dhiky Aditya yang mendapatkan hadiah kamera mirrorless Canon EOS M5, lensa EF-M 18-150mm dan trip Canon PhotoMarathon Asia Championship di Jepang. Dhiky Aditya bersama dengan AP Hari Wibowo juara umum dari Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Jakarta akan mewakili Indonesia berkompetisi dengan para juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2019 lainnya.

Sambil menunggu hasil penilaian dewan juri, peserta dihibur dengan pertunjukan seni, sesi hunting foto model, berbagai permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara. Untuk menambah wawasan fotografi, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta menghadirkan fotografer profesional Azcha Tobing, Adhitya Wibhawa dan Ardianto untuk berbagi pengalamannya di sesi ProTalk.

Rangkaian acara diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah. Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta diraih oleh Dhiki Aditya. Ia berhak membawa pulang kamera mirrorless Canon EOS M5 dan lensa EF-M 18-150mm, serta mengikuti Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang bersama dengan juara umum dari Canon PhotoMarathon Indonesia – Jakarta, yang akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2019 lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here