Berkunjung Ke Goa Jomblang, Wisata Jogja Di Dalam Perut Bumi

0
748
Foto : theearthlyparadise.com

KOTAJOGJA.COM – Kabupaten Gunungkidul pasti tidak asing lagi bagi kalangan penjelajah wisata indonesia. Tempat yang kaya akan potensi wisata alanya ini memang sudah populer bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Mulai dari menikmati kecantikan pantai, keindahan pegunungan, tubing di sungai, air terjun hingga menelusuri goa sambil menantang andrenalin juga ada di gunungkidul. Pastinya anda tidak asing mendengar wisata goa yang satu ini, Yaa namanya Goa Jomblang. Goa Jomblang adalah salah satu goa vertikal di indonesia.

Cara memasukinya pun berbeda dan harus menggunakan alat-alat standar agar tetap selamat saat memasuki goa. Setelah menuruni dinding tebing, guide akan menunnjukkan jalan ke arah mulut goa dengan track lumayan sulit, tetapi asyik jika dilakukan bersama-sama. Ohh Iya untuk turun ke goa tersebut, ada dua jalur, yakni jalur 40 meter dan 80 meter. Nahh sepanjang rute penelusuran goa ini treknya begitu berlumpur. Apalagi jika anda berkunjung saat hujan tiba. Semakin dalam anda memasuki lorong goajomblang maka semakin gelap bahkan tidak ada cahaya sama sekali kecuali lampu senter yang dibawa masing-masing pengunjung.

goa jomblang
Foto : goa-jomblang.com

Akan tetapi, rasa khawatir itu kemudian terbayar dengan pemandangan di dasar yang mengundang decak kagum. Aneka lumut, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Tak perlu kaget, Karena Goa Jomblang memang memiliki hutan yang dikenal dengan hutan purba karena memiliki vegetasi yang berbeda. Di sini juga akan disuguhkan suara gemercik air yang mulai terdengar begitu asyik, Artinya juga anda sudah mendekati Goa Grubug yang terkenal dengan cahaya surga dari perut bumi.

goa jomblang
Foto : merahputih.com

Untuk itu, bagi anda yang ingin mengabadikan momen di dalam perlu menguasai teknik kamera dan pencahayaan agar mendapatkan foto yang diinginkan. Untuk waktu kunjungan, perhatikan juga ramalan cuaca. Jika hujan tentu hutan ini akan basah dan bisa jadi membasahi tubuh anda. Dari pada kecewa, lebih baik persiapkan betul kunjungan ke goa ini. Bagi anda yang bingung ingin ke sini, anda tetap bisa menggunakan Goggle Maps.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here