8 Rekomendasi Jajanan Kaki Lima di Jogja yang Enak dan Murah

0
1291
Foto: flickr.com

KOTAJOGJA.COM – Kuliner khas Jogja memang tak pernah ada habisnya untuk dieksplor dan dicicipi. Jajanan kaki lima di Jogja pun juga tidak kalah menarik untuk dicicipi. Selain memiliki harga yang murah, kualitasnya juga tidak kalah dengan makanan yang dijual di gerai atau di toko.

Jika kamu tertarik untuk mencicipi camilan khas Jogja yang lezat, berikut rekomendasi jajanan kali lima di Yogyakarta yang patut kamu coba.

1. Lupis Mbah Satinem

Foto: gudeg.net

Jika kamu ingin mencicipi lupis yang enak dan legendaries, maka lupis Mbah Satinem bisa menjadi pilihan yang tepat. Mbah Satinem ini sudah berjualan dari tahun 1963 dan mempunyai kualitas rasa yang terjaga. Tidak heran jika sudah banyak yang antri sejak pagi untuk bisa mendapatkan jajanan lupis yang dipadukan dengan gula merah dan parutan kelapa yang gurih.

Saking ramainya, bahkan kamu harus antri menggunakan nomor. Lupis Mbah Satinem ini berlokasi di depan ruko Jalan Bumijo No. 50 Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, DIY.

2. Wedang Tahu Bu Sukardi

Foto: bigsta.net

Minuman hangat jenis ini mungkin lebih terkenal di Semarang. Walau begitu, wedang tahu Bu Sukardi ini memiliki daya tarik sendiri untuk dinikmati saat pagi hari. Kembang tahu hangat berpadu dengan kuah jahe dan air gula yang manis di udara pagi Jogja yang dingin pastinya akan terasa nikmat.
Kamu bisa membeli wedang tahu Bu Sukardi ini di depan Gudeg Bu Djuminten, Jalan Asem Gede, No. 14, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, DIY.

3. Lumpia Samijaya

Foto: reservasiku.com

Salah satu jajanan kali lima di Jogja yang patut kamu cicipi saat mengunjungi Malioboro adalah lumpia Samijaya. Rasa lumpia ini begitu gurih dengan berbagai varian isi seperti bengkuang, rebung, hingga telur puyuh.

Baca Juga:  5 Restoran Jepang di Jogja yang Paling Murah dan Enak

Cita rasanya yang khas membuat lumpia ini banyak diburu oleh para wisatawan untuk oleh-oleh. Kamu bisa membelinya di depan Toko Samijaya, Jalan Malioboro No. 18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, DIY.

4. Bakmi Jawa Mbah Mo

Foto: njogja.co.id

Saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi bakmi Jawa Mbah Mo ini. Bakmi yang satu ini mengusung ciri khas Gunung Kidul., yakni menggunakan kaldu ayam yang kental yang disiramkan ke atas mie.

Saking enaknya, tidak jarang para pejabat menyambangi warung kaki lima ini untuk mencicipi bakmi jawa ini. Bakmi Jawa Mbah Mo ini bisa kamu temukan di Jalan Parangtritis KM 11, Code, Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul, DIY.

5. Cilok Gajahan

Foto: deskgram.net

Cilok gajahan merupakan salah satu jajanan kaki lima di Jogja yang cukup ngehits dalam beberapa tahun terakhir. Meski bukan kuliner asli Jogja, namun rasa Cilok Gajahan ini begitu menggugah rasa.

Bahkan, tidak jarang pembeli harus antri panjang untuk mendapatkan sebungkus cilok yang berisi 20 biji cilok. Lokasi Cilok Gajahan ini berada di Jalan Ngadisuryan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta.

6. Wedang Ronde Mbah Payem

jajanan kaki lima Jogja
Foto: merahputih.com

Saat malam di Jogja terasa dingin, paling asik jika menghangatkan tubuh dengan cara menikmati Wedang Ronde Mbah Payem. Wedang ronde ini terbilang legendaris karena menjadi salah satu tempat langganan Presiden Soeharto dulu.

Semangkuk wedang ronde yang dilengkapi dengan kacang yang gurih, manisan, kuah jahe, dan rasa yang sedikit pedas tentunya akan memberikan sensasi hangat dan nikmat di tenggorokan. Lokasi wedang ronde ini berada di Jalan Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY.

7. Jenang Lempuyangan

jajanan kaki lima Jogja
Foto: insanwisata.com

Jenang Lempuyangan merupakan salah satu jajanan kaki lima di Jogja yang melegenda. Di sini, kamu bisa mencicipi berbagai jenang yang berbeda-beda, mulai dari jenang sumsum putih, sumsum manis, mutiara, sampai candil.

Baca Juga:  Lontong Opor Bu Rini

Kamu bisa menemui jajanan khas satu ini di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta.

8. Pecel Lontong Mbak Sri Cilik

jajanan kaki lima Jogja
Foto: food.detik.com

Bagi kamu yang tertarik dengan kuliner pecel, pecel lontong Mbak Sri Cilik ini adalah kuliner yang harus kamu coba. Dalam satu porsi pecel, terdapat beragam sayuran dari daun pepaya sampai bunga turi ditambah dengan lontong sebagai pengganti nasi.
Kedai ini berlokasi di depan Pasar Beringharjo, Jalan Margo Mulyo No, 16, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY.

Nah, itu dia ulasan mengenai 8 jajanan kaki lima di Jogja yang patut kamu coba. Mana nih yang sudah pernah kamu cicipi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here