KOTAJOGJA.COM – Obyek wisata tebing breksi memang menawarkan panorama tebing alami ini memang mengunggah minat para wisatawan untuk menikmati yogyakarta dari ketinggian. Tapi anda juga harus mempertimbangkan jarak tempuh lintas dan hal-hal lainnya sehingga anda bisa tiba tepat waktu di obyek wisata tebing breksi. Untuk mempertimbangkannya anda bisa mengunjungi dahulu obyek wisata yang dekat dengan tebing breksi. Berikut daftar 10 obyek wisata yang dekat dengan tebing breksi :

1
Foto : yogya-backpacker.com

Kraton Ratu Boko

Situs Ratu baka dan candi boko adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km disebelah selatan dari kompleks candi prambanan. Jika anda ingin ke candi prambanan, maka kraton ratu boko berada sebelum tebing breksi yang jaraknya 7 kilometer berdasarkan rute konvensional melalui jalan piyungan-prambanan.

2
Foto : wedangkopiprambanan.com

Spot Riyadi

Spot riyadi merupakan salah satu destinasi yang dapat dikatakan baru di Yogyakarta, Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan indah berupa persawahan yang ada di bawahnya maupun pemandangan lain. Tak perlu khawatir jika ingin mengabadikan momen, di puncak spot riyadi dibangun jembatan yang diberi nama ‘jembatan cinta’ untuk memberikan ruang bagi pengunjung berswafoto. Rute tercepat menuju spot riyadi dari tebing breksi yakni melalui rute jalan candi ijo sejauh 2,5 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 11 menit.

3
Foto : commons.wikimedia.org

Candi Dawangsari

Candi dawangsari adal candi hindu-budha yang berada di sebelah utara dari candi barong, Tepatnya di dusun dawangsari, sambirejo, prambanan, kabupaten sleman, DIY. Jarak antara candi dawangsari dan tebing breksi sekitar 2 kilometer dan dapat ditempuh selama 10 menit melalui rute tercepat jalan candi ijo. Menurut perkiraan, candi ini dibangun pada abad ke-9 pada zaman kerajaan  mataram kuno.

Baca Juga:  Curug Luweng Sampang
4
Foto : gpswisataindonesia.info

Candi Miri

Candi Miri terletak di dusun Nguwot, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sleman, DIY. Candi yang terbuat dari batu putih dan batu andesit tersebut masih dalam bentuk reruntuhan yang sepenuhnya belum disentuh pekerjaan pemugaran. Jarak dari tebing breksi ke candi miri atau sebaliknya dapat ditempuh selama 14 menit dengan jarak sekitar 3 kilometer melalui rute jalan candi ijo berdasarkan rute tercepat.

5
Foto : goodnewsfromindonesia.id

Candi Banyunibo

Candi banyunibo merupakan salah satu candi yang berada di dataran prambanan, Lokasinya berada tidak jauh dari komplek ratu boko, candi barong, dan juga candi ijo. Candi ini menghadap ke barat, Struktur utama pada awalny dikelilingi oleh stupa dipermukaan tanah, dasar-dasar candi yang asli masih bisa dilihat sampai hari ini. Dari candi prambanan, lokasi candi banyunibo sekitar 5,6 kilometer secara administratif berada di dusun cepit, Desa bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

6
Foto : maioloo.com

Candi Prambanan

Candi prambanan yang terletak di desa bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Konon menurut legenda, Roro Jonggrang meminta seribu candi dalam satu malam sebagai syarat lamaran Bandung Bondowoso melalui bantuan jin. Candi prambanan berada sekitar 6,9 kilometer di utara tebing breksi dan dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

7
Foto : travelingyuk.com

Situs Watu Gudig

Watu Gudig, berasal dari bahasa jawa yang berarti adalah salah satu jenis penyakit kulit, itu menurut masyarakat karena batu-batu situs ini banyak bercak-bercak putih (jamur) seperti penyakit gudig. Jarak tebuing breksi dan situs watu gudig sekitar 3,5 kilometer dan dapat ditempuh selama sekitar 10 menit.

8
Foto : picdeer.com

Monumen Lindhu Gedhe

Monumen Lindhu Gedhe berjarak sekitar 3 kilometer dari tebing breksi. Obyek wisata ini berada di Dukuh Sengon, Prambanan, Klaten. Obyek wisata yang dibuat untuk mengenang gempa besar yang mengguncang di Yogyakarta pada 27 Mei 2006 silam.

Baca Juga:  Cerita Ayu, Gadis Disabilitas Asal Gunungkidul Pintar Membuat Wayang Lidi dan Melukis
9
Foto : piknikasik.com

Candi Ijo

Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini berada di sebuah bukit yang dikenal bukit hijau atau gumuk ijo. Kompleks candi ijo merupakan kompleks percandian yang berteras-teras yang semakin meninggi ke belakang yaitu sisi timur dengan bagian belakang sebagai pusat percandian. Lokasinya hanya berjarak sekitar 700 meter dari tebing breksi.

10
Foto : travel.kompas.com

Candi Barong

Candi Barong merupakan salah satu candi yang bercorak agama hindu. Candi ini disebut Candi Barong karena dibagian candi nama seperti barong atau singo. Candi ini memiliki nama nama lain Candi Sari Suragedug. Hal itu karena terdapat di Prasasti dikawasan ratu boko. Berdasarkan rute tercepat, Candi Barong berjarak sekitar 1,9 kilometer dari tebing breksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here