Wajib Coba! 5 Kuliner Legendaris Jogja Bikin Ketagihan

0
232
Kuliner Legendaris Jogja
Foto: idntimes.com

KOTAJOGJA.COM – Saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner khas Jogja. Cita rasa kuliner di Kota Gudeg ini umumnya dipengaruhi oleh masakan Jawa. Berikut tempat wisata kuliner legendaris Jogja yang patut kamu cicipi.

Berikut 5 Kuliner Legendaris Jogja yang Bikin Ketagihan

1. Mie Ayam Tumini

Kuliner Legendaris Jogja
Foto: romindonesia.id

Jika kamu penggila mie ayam atau bakmie, wajib hukumnya mencicipi Mie Ayam Tumini ini. Mie ayam dengan cita rasa khas dan dilengkapi dengan kuah cokelat dan lauk ayam atau ceker ini dijamin bikin makan siangmu makin menyenangkan.

2. Gudeng Mbah Lindu Sosrowijayan

Foto: travelingyuk.com

Sambil berjalan-jalan di Malioboro, liburanmu akan jadi lebih seru dengan mencicipi sepiring nasi gudeg yang ada di Jalan Sosrowijayan. Gudeg ini diracik langsung oleh Mbah Lindu yang saat ini berusia 100 tahun dan sudah berjualan sejak remaja. Kamu harus rela antri kalau mau mencicipi salah satu kuliner legendaries Jogja ini.

3. Sate Klatak Pak Bari

Foto: tatti-inn.com

Kalau kamu sedang pergi ke Bantul, jangan lupa untuk mampir di Sate Klatak Pak Bari. Tempat makan ini menjadi lebih ramai pasca rilisnya film AADC. Uniknya, sate ini ditusuk dengan jeruji sepeda! Selain itu, rasanya begiru enak, empuk, dan tidak bau prengus.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Foto: ksmtour.com

Kuliner ini dinamai “mercon” karena rasa pedasnya yang benar-benar terasa meledak di lidah. Tempat wisata kuliner ini sudah ada sejak 20 tahun yang lalu. Oseng-oseng ini terdiri dari kikil, gajih, daging, tulang muda, dan kulit dengan limpahan cabe rawit. Siap-siap nambah nasi terus saat kamu menikmati kuliner ini.

5. Mangut Lele Mbah Marto

Foto: youtube.com

Untuk mencicipi kuliner ini, kamu harus blusukan ke dalam kampung. Namun, sesampainya di sana, kamu akan disambut dengan keramahan Mbah Marto yang sudah berjualan mangut ini sejak tahun 1960-an. Mangut lele ini merupakan kuliner berupa lele asap dilengkapi dengan kuah santan pedas yang disajikan langsung dari dapur.

Baca Juga:  SEMINAR NASIONAL KESEHATAN 'Kenali dan Sadari Disorientasi Seksual Dini pada Anak'

Nah, itu dia ulasan mengenai 5 kuliner legendaris Jogja yang patut kamu coba. Jadi, gimana? Sudah ngiler belum lihat berbagai kuliner di atas? Maka dari itu, jangan lupa untuk mencicipi beragam kuliner di atas saat berkunjung ke Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here