Puri Mataram, Wisata Rekomendasi Terbaru Untuk Keluarga

0
1061
Puri Mataram (foto: wisatakaka)

Berbicara mengenai pariwisata Jogja memang tidak pernah habis, baik itu wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, hingga wisata yang terbentuk atas hasil kreatifitas warganya.

Belum lama ini, Kabupaten Sleman kembali memeriahkan pariwisata Yogyakarta dengan taman bunga berkonsep Kerajaan Mataram, yaitu Taman Bunga Puri Mataram. Puri Mataram berlokasi di Dusun Ndrono, Tridadi, Sleman, atau sekitar 8 KM dari pusat Kota Jogja. Pengunjung dapat menempuh perjalanan melalui Jalan Magelang. Sesampainya di perempatan Denggung ambil kiri menuju Jalan KRT Pringgodiningrat. Setelah melewati Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, ada simpang tiga. Disitu akan terlihat penunjuk jalan menuju Puri Mataram.

Sampai di Puri Mataram, pengunjung akan disambut bangunan adat jawa. Lebih jauh masuk ke dalam, terdapat embung lengkap dengan permainan becak air yang beraneka ragam warnanya serta hamparan sawah yang hijau. Untuk lebih menarik wisatawan, pengelola juga menyediakan beberapa spot foto menarik, mulai dari miniatur Tugu Pal Putih yang dikelilingi hamparan bunga Celocia, gerobak sapi,  jembatan bambu di atas hamparan sawah, gubuk-gubuk bertemakan cinta, hingga taman kelinci yang bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak.

Setelah puas berkeliling Puri Mataram, pengunjung bisa mencicipi kuliner yang dijajakan disini. Pengunjung bisa menikmati sajian menu-menu rumahan seperti sayur lodeh, pepes, sayur brongkos, buntuil, dan aneka oseng-oseng yang disajikan secara prasmanan. Tempat ini memberdayakan ibu-ibu sekitar Puri Mataram dimana semua makanan ini dimasaka di rumah masing-masing baru kemudian disajikan secara prasmanan.

Puri itu filosofinya tempat indah yang di dalamnya itu ada taman, ada air, ada ayunan untuk bermain serta ada tempat tinggal yang nyaman. Sedangkan Mataram itu dari kerajaan Mataram tempo dulu, sesuai dengan bangunannya yaitu pendopo dan limasan. Karena itu namanya Puri Mataram,”

Filosofi Puri Mataram sendiri adalah tempat yang indah yang didalamnya terdapat taman, air, ayunan untuk bermain, serta tempat tinggal yang nyaman. Sedangkan tema Mataram diambil dari kerajaan Mataram yang realisasinya bisa dilihat dari pemilihan bentuk bangunan berupa pendopo dan limasan.

Puri Mataram setiap harinya dibuka untuk pengunjung mulai pukul 08.00 – 19.00 dengan tiket per wahana 10ribu rupiah. (kotajogja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here