Hoax atau Bukan? Broadcast Anjuran Masak Sayur Lodeh 7 Warna untuk Usir Corona

0
9028
Foto : sajiansedap.grid.id

KOTAJOGJA.COM – Pesan berantai berbahasa diatas beredar luas diaplikasi pesan ‘Whatsapp’ hari ini baik itu di grup maupun pribadi. Pesan ini berisi anjuran untuk memasak sayur lodeh dengan 7 bahan sayur seperti terong , kluwih, waluh , kacang panjang , tempe, kulit melinjo , atau daun melinjo. Anjuran ini juga menyebut nama Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai titah raja Kraton Yogyakarta kepada rakyatnya untuk mengantisipasi wabah virus Corona.

Namun terlepas dari kebenaran pesan tersebut, sayur lodeh memang dipercaya masyarakat Jawa secara turun temurun sebagai tolak bala sekaligus masakan yang bergizi. Bahkan Kemenkes beberapa waktu lalu menganjurkan masyarakat mengolah masakan tradisonal untuk membantu mengurangi wabah Corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, masakan-masakan tradisional di Indonesia saat ini sebenarnya sudah banyak yang banyak mengandung herbal, atau berasal dari rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan sebagainya. Secara tidak langsung, kata Yuri sebenarnya masakan tradisional di Indonesia bisa menangkal virus corona.

Tidak hanya sayur lodeh dan sayur asem, nasi kapau juga, kata Yuri juga mengandung herbal dan baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh.