Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Wisata
Wisata > Wisata Minat Khusus > Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Lokasi: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, DI. Yogyakarta
"Agrowisata Negeri di Awan"

Kebun Buah Mangunan

Seperti simfoni orkestra menyuguhkan harmoni, suara tonggeret berganti satu dengan lainnya, daun-daun bergesekan di keheningan belantara Kebun Wisata Buah Mangunan. Sinar matahari menyelinap diantara rerimbunan daun pepohonan yang tidak mampu menyentuh lantai tanah kawasan ini. Kebun Buah Mangunan terletak di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut di gugusan pegunungan Imogiri. Berada di puncak bukit kita bisa melihat pemandangan indah lekukan Sungai Oya yang berhulu di pantai Parangtirits.

Untuk mendapatkan pemandangan indah ini kita bisa melihat langsung di puncak bukit Kebuh Buah Mangunan. Akses menuju bukit tersebut terdapat dua jalur, untuk pengendara motor dan bagi pejalan kaki. Untuk menikmati perjalanan menuju bukit gardu pandang pilihlah jalur bagi pejalan kaki, di jalur ini kita bisa menikmati rute batuan purba yang berserakan pada bukit ini.  Jalan setapak dipenuhi bebatuan purba menempel pada bukit menjadi hiasan mewah di Kebun Buah Mangunan.

Disepanjang jalan setapak yang menembus di perbukitan ini, kita bisa menikmati suara burung yang berkicau, gesekan ranting daun bahkan lenguhan Sapi dari bawah pun terdengar begitu jelas. Bagi pejalan kaki yang mengalami rasa kelelahan tidak perlu khawatir karena sudah terdapat beberapa pos peristirahatan yang siap menyambut untuk berisitirahat.

Sesampainya di tempat tujuan, pemandangan indah menjadi buah dari perjalanan menuju puncak bukit ini. Lekukan Sungai Oya dan jembatan gantung terlihat begitu menawan  seperti miniatur paket tata alam dimana tangan kita bisa meraihnya.

Untuk di area bawah, Kebun Buah Mangunan memiliki fasilitas cukup beragam melakukan kegiatan luar ruang seperti, aula besar (300 orang), aula sedang (100 orang), pendopo (2 tempat), gazebo, joglo, mushola, area kemah (3 tempat) kolam pemancingan (1 tempat), kolam renang anak-anak (2 pool), area outbond, sarana outbond (flying fox, reflying, dll), pondok inap (2 pondok), kamar mandi, parkir luas, kebun aneka buah, peternakan, camping ground 1 Ha dan Arena bermain anak.

Untuk menikmati wahana flora dan fauna Kebun Buah Mangunan memiliki beberapa koleksi tanaman buah: Durian 1500 pohon, Jambu air 300 pohon, Jeruk 220 pohon, Mangga 950 pohon, 200 aneka tanaman buah-buahan dan Ternak sapi 40 ekor.Bagi penggemar sepeda gunung, dua lintasan trek turut melengkapi keberadaan obyek wisata ini. Lintasan pertama sepanjang 2.300 m khusus untuk downhill dan lintasan kedua sepanjang 3.800 m untuk kelas cross country. (konten:aan ardian/kotajogja.com)

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, Provinsi DI. Yogyakarta.
Jl. Ring Road Timur, Manding, Bantul, DI. Yogyakarta. Telp. (0274) 6460182 & 6460236





Foto-foto Kebun Buah Mangunan