Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita kampus

Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013


Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013

Seminar Nasional Teknologi Informasi & Multimedia 2013 mengusung tema Technopreneurship in E-Commerce and Clouds Era, diharapkan mampu menjadi wadah bagi berkumpulnya hasil penelitian di bidang teknologi informasi dan multimedia yang berkaitan dengan Technopreneurship, khususnya potensi teknologi cloud computing yang sangat terbuka lebar untuk bisnis dan UKM. Event yang diadakan Sabtu, 19 januari 2013 diramu dengan sangat meriah dengan jumlah peserta dan pemakalah mencapai 200-an orang. Untuk peserta pemakalah sendiri mencapai 114 peserta dengan konsentrasi bidang penelitian yang beragam. Event ini dibuka dengan seminar yang menampilkan beberapa keynote speaker seperti Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A.(Ketua APTIKOM Indonesia), Bpk. Darmawan Suandi (IT Pro Evangelist of Microsoft Indonesia)dan Prof. Dr. M. Suyanto, M.M (Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta).

 
Sesi pertama, Prof. Eko Indrajit, memaparkan materi tentang bringing technopreneuship into campus environment. Menurut beliau, perguruan tinggi harusnya memiliki kemandirian dalam berinovasi. beberapa kampus di contohkannya seperti Harvard University dan MIT, dimana pendapatan mereka adalah dari hasil riset industri dan premium public services. Prof. Eko Indrajit juga menambahkan bahwa untuk menciptakan inovasi, diperlukan kemampuan untuk melihat peluang, keberanian untuk berinovasi, eksekusi dan industri value dari inovasi tersebut.
 
Bpk. Darmawan Suandi, memaparkan materi tentang keuntunngan penerapan cloud, pemanfaatan dan nilai tambah-nya terhadap perkembangan bisnis di sesi kedua Semnasteknomedia. dalam aparannya, beliau mengungkapkan bahwa Penerapan datacenter secara terpusat diharapkan dapat menjadi solusi cloud untuk bisnis.
 
Di sesi terakhir, Prof. Suyanto, berbagi pengalaman mengenai proyek film animasi 3 Dimensi yang sedang dikerjakan oleh salah satu STMIK AMIKOM Yogyakarta, The Legend of Ajisaka. Menurut beliau, untuk dapat berhasil masuk ke industri film hollywood, diperlukan strategi yang berbeda. Seperti Pengambilan gambar, scriptwriter, ataupun karakter yang bercitarasa Hollywood.
 
Setelah seminar, peserta pemakalah mulai memaparkan materi-materi penelitian dari paper mereka, dimana setiap kategori terbagi secara paralel menjadi beberapa ruangan. Secara keseluruhan paper yang diterima dalam event ini terbagi menjadi 25 kategori dan peserta mencapai 161 pemakalah. 114 Peserta hadir untuk memaparkan hasil penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing. Event Seminar National Teknologi Informasi dan Multimedia akan menjadi agenda tahunan dari STMIK AMIKOM Yogyakarta yang diharapkan dapat menjadikan wadah bagi dosen, dan peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian-nya. dan menjadi media untuk mengembangkan keilmuan sesuai dengan bidang yang ditekuni. /AN




Berita Kampus Lainnya