Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita kampus

Prodi BK USD Berikan LDKS di SMP Santa Maria II Sidoarjo


Prodi BK USD Berikan LDKS di SMP Santa Maria II Sidoarjo

Program Studi Bimbingan & Konseling Universitas Sanata Dharma memiliki komunitas atau kelompok yang memberikan kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk masyarakat. Kelompok ini bernama "Guidance and Counseling Ministry". Seringkali kelompok ini diundang oleh sekolah-sekolah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi siswa-siswanya

Pada hari Kamis-Sabtu (6-8 September 2012) yang lalu, tim Guidance and Counseling Ministry Prodi BK diundang untuk memberikan pendampingan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) di SMP Santa Maria 2 Sidoarjo. Terdapat empat mahasiswa yang mewakili tim Guidance and Counseling Ministry, yang turut terlibat dalam pendampingan LDKS, keempat mahasiswa itu adalah Ursulani Bonatiur Nainggolan (2008), Laurentia Dian Arvita (2008), Theresia Apriliani Yosefine (2010), dan Vincentius Wishnu Adhitya (2008). Selama satu minggu keempat mahasiswa ini mempersiapkan materi dibawah pendampingan Juster Donal Sinaga, M.Pd (dosen sekaligus pembina Tim Guidance and Counseling Ministry)  

Peserta yang mengikuti LDKS adalah calon anggota OSIS  Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa. Dengan mengangkat tema Act Locally and Think Globaly, LDKS diselenggarakan di area sekolah. Pada hari pertama kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan dan penyampaian peraturan selama mengikuti LDKS oleh kepala sekolah. Di hari pertama,  tim Guidance and Counseling Ministry (disingkat: G n C), memberikan suguhan permainan-permainan kepada peserta LDKS dengan tujuan mengakrabkan antara peserta LDKS dengan tim G n C. Setelah itu dilanjutkan dengan menyampaikan materi mengenai siapa aku. Tujuan diberikannya materi ini agar peserta LDKS memahami diri sendiri sebelum memahami mengenai apa dan seperti apa karakter pemimpin. Di akhir sesi di hari pertama, ditutup dengan renungan dan doa malam.

Esok harinya, peserta LDKS diajak untuk mengikuti kegiatan senam pagi dan jogging pagi di area sekitar lingkungan sekolah. Setelah jogging pagi, dilanjutkan dengan kegiatan masak bersama. Sesi berikutnya yaitu materi tentang kepemimpinan (leadership). Untuk sesi kali ini durasi waktunya diberikan porsi cukup banyak dibandingkan dengan sesi lainnya. Dalam sesi tentang kepemimpinan, peserta LDKS diajak untuk mengenal arti kepemimpinan, karakter pemimpin, gaya kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi dan cara mempersiapkan program kegiatan. Setelah sesi kepemimpinan selesai dilanjutkan dengan kegiatan outbound. Dalam permainan outbound ini sebagian besar permainan diselesaikan secara berkelompok (team work) oleh peserta LDKS. “Permainan-permainan yang diberikan dalam kegiatan outbound ini cukup menarik dan menantang, permainan yang sangat berkesan bagi saya adalah permainan “tank tempur”. Saya belajar dari permainan ini, ternyatamenjadi pemimpin itu gak gampang”, ungkap Juan salah satu peserta LDKS.

Di hari yang ketiga ditutup dengan sesi terakhir yaitu membuat program dan rencana konkrit yang akan dilakukan oleh calon anggota OSIS tahun Ajaran 2012/2013. Dalam kegiatan ini peserta dibagi secara berkelompok dan bekerja dalam kelompok. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan program. Akhirnya, serangkaian kegiatan LDKS yang terselenggara selama tiga hari berakhir dan ditutup dengan upacara penutupan serta perpisahan dari tim G n C dengan peserta LDKS dan guru-guru pendamping siswa. (VIN/usd.ac.id)






Berita Kampus Lainnya